Terduga pelaku pencuri helm yang beraksi di empat lokasi di Kota dan Kabupaten Bandung. (FOTO: ISTIMEWA/INSTAGRAM)
Agus Warsudi

BANDUNG, iNews.id - Aksi pencurian helm terjadi di empat titik di Kota dan Kabupaten Bandung. Video CCTV yang merekam jelas wajah pelaku saat menggasak helm itu viral di media sosial (medsos).

Berdasarkan pantauan di medsos aksi pencurian helm terjadi di sekolah dan kantor kelurahan. Aksi pencurian yang pertama oleh pelaku terlacak pada 29 Juni 2022 di Kantor Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Tampak pelaku datang menggunakan sepeda motor Honda jenis Kharisma, masuk ke halaman kantor kelurahan. Pelaku terlebih dulu mengawasi situasi sekitar. Lalu, pelaku memutar sepeda motornya ke arah keluar kantor kelurahan. Sebelum tancap gas, pelaku mengambil helm yang tergantung di sebuah sepeda motor.

Aksi kedua terjadi di depan SPBU Ciwastra, Kota Bandung pada 12 Juli 2022. Terlihat, pelaku datang dengan pakaian dan sepeda motor yang sama ketika beraksi di kantor Kelurahan Pasirbiru.

Dalam video CCTv terlihat pelaku menghentikan motornya di dekat dua sepeda motor yang sedang terparkir. Setelah saat mengamati situasi sekitar, pelaku menggondol sebuah helm warna kuning yang digantung dan melarikan diri.

Pencurian helm kembali terjadi pada 14 Juli 2022.  Pelaku beraksi di SMAN 1 Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Sayangnya, rekaman CCTV di lokasi kejadian tidak terlalu jelas. Namun terlihat pelaku masih menggunakan sepeda motor sama ketika beraksi. Diduga, aksi pencurian helm itu terjadi di lahan parkir sekolah.

Terakhir, aksi pelaku terlacak di sebuah toko yang terletak di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung 8 September 2022. Pelaku datang masih  menggunakan sepeda motor yang sama. 

Tampak, pelaku menghentikan sepeda motornya di dekat motor dan helm yang diincar. Usai memastikan kondisi di sekitarnya aman, pelaku seketika menggondol sebuah helm dan melarikan diri.

Kasatreskrim Polresta Bandung AKP Oliestha Ageng Wicaksana mengatakan, belum menerima laporan mengenai kasus itu. Namun penyidik bakal melakukan penyelidikan dan mengimbau korban melapor.

"Akan kami laksanakan penyelidikan. Untuk korban silahkan melapor," kata Kasatreskrim Polresta Bandung melalui pesan singkat pada Sabtu (10/9/2022).

Sementara itu, Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo tidak merespons pesan singkat dan telepon wartawan untuk mengonfirmasi kasus pencurian helm yang terjadi di Kota Bandung. 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT