Korban gempa terpaksa dirawat di areal parkirRSUD Cianjur. (Foto: iNews.id/Ricky Susan)
Jonathan Simanjuntak, Ricky Susan

JAKARTA, iNews.idKorban gempa Cianjur Magnitudo 5,6, Senin (21/11/2022) terus bertambah. Hingga sore ini, update korban meninggal sebanyak 46 orang dan 700 luka-luka.

“Informasi untuk sampai jam sekarang untuk korban meninggal dunia sudah masuk di angka 46 orang,” kata Dandim 0608/Cianjur, Letkol ARM Haryanto kepada iNews, Senin (21/11/2022).

Selain korban meninggal, ada ratusan masyarakat yang tercatat mengalami luka-luka. Ratusan masyarakat itu tersebar di daerah sekitaran Cianjur.

“Kemudian yang luka ringan atau luka berat tersebar di daerah Cianjur lebih kurang 700 orang,” ujarnya.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, focus saat ini penanganan korban luka maupun yang terjebak reruntuhan bangunan.

Seluruh korban meninggal maupun luka dievakuasi ke empat rumah sakit yakni, RSUD Cianjur, RS Dr Hafiz, RS Bahyangkara dan RSUD Cimacan.

"Dari semua rumah sakit, paling banyak korban berdatangan RSUD Cianjur," ujarnya.

Kapolres juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar, Polda Metro Jaya juga TNI dari Kodam Siliwangi, serta Kodam Jaya untuk bantuan personel termasuk tenaga medis.

Saat ini, ujar AKBP Doni Hermawan, personel dikerahkan untuk melakukan penanganan dan pengamanan korban gempa. Termasuk menyiapkan tenda darurat untuk tempat perawatan tanggap darurat.

Selain korban meninggal, banyak bangunan publik dan rumah yang mengalami kerusakan. "Penanganam korban terus dilakukan, termasuk di area parkir yang akan dijadukan tempat perawatan darurat," ujar AKBP Doni Hermawan.

Diketahui, gempa bumi M5,6 tersebut terjadi pada pukul 13.21 WIB di titik koordinat 6.84 LS, 107.05 BT, sebelah barat daya Kabupaten Cianjur, Jabar. Gempa bumi tersebut disebabkan oleh aktivitas Sesar Cimandiri.

Dampak dari gempa itu pun menimbulkan kerusakan di sejumlah bangunan yang ada di Kabupaten Cianjur. Foto-foto dan video kerusakan bangunan warga pun tersebar di media sosial.


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT