Menpora Zainudin Amali menyatakan Stadion GBLA layak menjadi homebase Persib dan tempat pertandingan Liga 1 2022-2023.(Foto: MPI)
Agus Warsudi

BANDUNG, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang menjadi homebase Persib Bandung dan tempat pertandingan Liga 1 2022-2023 digelar. Hasil peninjauan, Menpora menilai Stadion GBLA di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung itu, layak untuk mengelar pertandingan.

"Siang hari ini saya datang ke Bandung khusus untuk melihat Stadion yang akan digunakan sebagai homebase Persib dan dan akan juga digunakan untuk pertandingan-pertandingan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023," kata Menpora didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (22/7/2022).

Khusus untuk GBLA, ujar Zainudin Amali, Kemenpora harus bisa memastikan, pertama tentang kelayakan secara teknis, kedua adalah kenyamanan, dan ketiga pengamanan. Terkait tiga hal itu, Zainudin telah mendapatkan penjelasan dari Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana terkait pengamanan. Kemudian melihat langsung, berkeliling Stadion GBLA.

Kemudian, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono juga menjelaskan soal rencana mulai menjual tiket yang dilakukan 100 persen online dan alur para penonton masuk dan kelua di Stadion GBLA ini.

"Ini adalah salah satu hal yang kami bicarakan saat rapat koordinasi yang saya pimpin di Jakarta dan dihadiri oleh Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan), Dirut LIB, dan Mabes Polri. Kemudian dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid. Berbagai hal kita diskusikan khusus untuk pertandingan yang dilakukan di Bandung. Kami punya atensi khusus. Maka untuk memastikan itu (kesiapan), saya datang," ujar Zainudin Amali.

Menurut Menpora, secara keseluruhan, penjelasan Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dan Dirut PT PBB Teddy Tjahjono sebagai panitia dan penanggung jawab Persib, sudah cukup memadai. Stadion GBLA layak sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan Persib dalam kompentisi Liga 1 2022-2023.

"Tentu pemerintah pusat bersama pemerintah kota mengharapkan supaya para pendukung Persib, para suporter dan penonton mematuhi semua aturan yang diterapkan kepolisian dan panpel. Karena hanya itu yang menjadi penguat GBLA ini diizinkan sebagai tempat untuk melakukan pertandingan," tutur Menpora.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT