Permukiman warga Kampung Bojong Asih, Desa Dayeuh kolot, Kecamatan Dayeuh Kolot, terendam banjir luapan Sungai Citarum, Sabtu (3/12/2022) pagi. (Foto: A Erick Fahrizal)
Erick Fahrizal

BANDUNG, iNews.id - Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jawa Barat meluap dan menyebabkan banjir, Sabtu (3/12/2022). Permukiman warga Kampung Bojong Asih, Desa Dayeuh kolot, Kecamatan Dayeuh Kolot, terendam banjir hingga 1 meter.

Ada 1.200 rumah warga di kawasan itu yang terendam banjir. Bahkan di titik terdalam, ketinggian air mencapai 1,5 meter. 

Banjir juga merendam akses jalan, sehingga warga menggunakan perahu untuk beraktivitas.

Menurut salah satu warga, banjir akibat luapan Sungai Citarum mulai menggenangi rumah mereka sejak Jumat (2/12/2022) malam.

"Kemarin sekitar habis maghrib air mulai naik ke rumah, dan sampai sekarang jam segini air masih naik" kata Sona Rukmana, salah satu warga.

Sona mengaku sudah bosan dengan kondisi ini. Ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Bandung Raya, debit air Sungai Citarum meningkat dan meluap ke permukiman.

"Sudah sering dan tentu bosan, karena setiap hujan deras pasti banjir, kami berharap pemerintah dapat memperbaiki tanggul-tanggul, kolam penampungan air untuk mengatasi banjir," tutur Sona.

Warga lainnya, Nanang, juga berharap agar pemerintah dapat lebih serius untuk menangani banjir. Dirinya menilai semua langkah yang dilakukan pemerintah belum terasa manfaatnya karena banjir masih terjadi di wilayah mereka.

"Capek seperti dibunuh pelan-pelan. Pemerintah mengatasi banjir memang sudah ada kolam penampungan air dan lain sebagainya, tapi buktinya ini masih banjir," kata Nanang.

Nanang menyarankan pemerintah melibatkan warga di wilayah terdampak untuk mengatasi banjir. Dia menilai warga yang lebih paham dengan lokasi tempat tinggal mereka.

"Kalau banjir tempat lain bisa diatasi harusnya di sini juga bisa. Libatkan kami warga sekitar meski pemerintah melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum membangun sesuatu untuk menangani banjir, tapi kami yang mengetahui lokasi di sini," kata Nanang.

Selain di Dayeuh Kolot, wilayah lain di Kabupaten Bandung yang terendam banjir adalah Kecamatan Majalaya, Baleendah, Bojong Soang dan Ciparay.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT