Jalan Desa Cibitung tertutup lumpur sisa banjir semalam. (FOTO: DHARMAWAN HADI)
Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNews.id - Hujan deras mengakibatkan Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, meluap. Luapan air sungai itu menyebabkan puluhan rumah di Kampung Cinitih RT 08/01 dan Ciloma, Desa/Kecamatan Cibitung, terendam banjir, Jumat (23/9/2022) malam.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cibitung Lucki mengatakan, banjir yang merendam dua kampung di Desa Cibitung terjadi mulai pukul 19.00 WIB dan surut sekitar pukul 23.00 WIB.

"Di sini (Desa Cibitung) bukan banjir bandang seperti yang ramai di media sosia, baik aplikasi perpesanan maupun Fecebook. Kalau hujan gak berhenti-berhenti, pasti air sungai meluap," kata petugas P2BK Cibitung kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (24/9/2022). 

Lucki menyatakan, Sungai Cikaso meluap hingga mengakibatkan banjir, biasa terjadi jika hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur selama berjam-jam. Banjir merendam sekitar 10 unit sampai 15 unit rumah. Namun ketinggian air tidak sampai ke atas rumah. 

Sejauh ini luapan air sungai Cikaso yang merendam belasan rumah warga di Kampung Cinitih tidak menimbulkan korban baik korban jiwa maupun luka. "Alhamdulillah tidak ada korban, ini kan saluran langsung ke laut, cuma aliran air ini tetap dari Tegalbuleud ke sini juga ke Cikaso kalau meluap," ujar Lucki. 

Sebanyak 150 kepala keluarga (KK) dievakuasi ke kawasan aman. Mereka sementara diungsikan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Simpang Dago, Desa Cibitung. Namun ada beberapa keluarga yang masih bertahan.

"Sementara itu wilayah Kampung Ciloma, semalam belum bisa didata karena semalam hujan deras mengakibatkan arus yang sangat kencang tidak memungkinkan untuk berangkat menuju lokasi, karena menuju ke sananya harus menggunakan perahu," tuturnya.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT