Sekolah di semua tingkatan di KBB bakal menggelar PTM 100 persen dengan tetap menerapkan prokes. (Foto: MPI/ILUSTRASI)
Adi Haryanto

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sekolah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen pekan depan. Di dalam kelas, siswa dan guru tetap wajib memakai masker.

Kebijakan PTM 100 persen diputuskan seiring telah melandainya kasus Covid-19 dan kondisi di KBB yang tidak ditemukan kasus baru di lingkungan sekolah selama PTM terbatas 50 persen dilaksanakan. 

"PTM 100 persen digelar mulai pekan depan. Kebijakan itu sudah dibahas dalam rapat dengan semua pihak termasuk Satgas Covid-19," kata Kepala Dinas Pendidikan KBB Asep Dendih, Selasa (24/5/2022).

Disdik KBB, ujar Asep Dendih, telah menginstruksikan kepada pihak sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik saat PTM 100 persen berlangsung. Langkah antisipasi harus tetap dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di sekolah.

Selama pembelajaran berlangsung di dalam ruangan, ujar Asep Dendih, siswa dan guru tetap wajib memakai masker. Pasalnya kelonggaran tidak menggunakan masker hanya berlaku di luar ruangan. "Penggunaan masker tetap dilakukan, terutama saat berada di dalam ruangan. Bukan hanya murid, guru-guru juga," ujarnya. 

Saat ini, tutur Kadisdik KBB, kantin sekolah belum diizinkan beroperasi. Siswa dianjurkan membawa bekal dari rumah. Hal tersebut dilakukan untuk kebaikan bersama agar proses pembelajaran 100 persen berjalan aman.

"Ini tentunya menjadi uji coba juga. Ketika PTM 100 persen berjalan aman, tidak ada kasus Covid-19 baru, tahun ajaran baru sudah tidak ada keraguan untuk melaksanakan sekolah secara normal seperti semula," tutur Kadisdik KBB.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT