Menparekraf, Sandiaga Uno saat menjadi keynote speaker dalam Webinar Indonesia UMKM Forum Road to Bandung yang digelar oleh MNC Trijaya Network, Sabtu (20/11/2021). (Foto: iNews/Agung Bakti Sarasa)

"Ternyata mereka di rumah menjadi pasukan jempol untuk belanja produk UMKM, khususnya ekraf, kuliner, kriya, dan fesyen," ujar Sandiaga lagi. 

Oleh karenanya, Kemenparekraf terus mendorong UMKM untuk terus memanfaatkan teknologi digital dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Dia pun berharap, program-program andalan, seperti Bangga Buatan Indonesia benar-benar bisa menjadi pengungkit dari bergeraknya kembali perekonomian Indonesia. 

"Usaha yang maju di era pandemi adalah usaha yang mampu beradaptasi, berkolaborasi dengan memanfaatkan seluruh peluang di tengah keterbatasan, sehingga mampu memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat, terutama lapangan kerja seluas-luasnya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga pun kembali menitipkan empat etos kerja yang kerap dia ingatkan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. 

"Empat etos kerja itu adalah kunci sukses dalam melakukan usaha," ujar Sandi.

Tak lupa, Sandiaga pun mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat secara disiplin kapan pun dan di mana pun berada karena pandemi belum berakhir. 

"Tingkatkan juga sembangat gotong royong, kolaborasi secara maksimal, dan pastikan UMKM di era pandemi menang melawan Covid-19," katanya.


Editor : Nani Suherni

Sebelumnya
Halaman :
1 2

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network