“Untuk perawatan sarana baik lokomotif maupun kereta dilakukan perawatan secara periodik berdasarkan masa pakai dari perawatan harian (Daily Check), perawatan 1 Bulan (P1), perawatan 3 bulan (P3), perawatan 6 bulan (P6), perawatan 12 bulan (P12) hingga perawatan 24 bulan (P24) dilakukan di Depo Lokomotif dan Depo Kereta,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Rabu (13/12/2023).
Ayep Hanapi menyatakan, perawatan dilakukan teknisi andal di Balai Yasa Lokomotif Yogyakarta dan Balai Yasa Manggarai. Seluruh sarana di Daop 2 Bandung saat angkutan Nataru 2024 harus siap operasi semua.
Antisipasi sarana selama Angkutan Nataru KAI Daop 2 Bandung menyiapkan 2 Lokomotif Posko yang ditempatkan di Depo Lokomotif Bandung dan Stasiun Cibatu, menempatkan 1 Kereta Pembangkit di Depo Kereta Bandung dan menyiapkan Crane di Depo Lokomotif Bandung.
Daop 2 Bandung meminimalisasi potensi bencana yang mungkin terjadi dan dapat mengganggu perjalanan KA saat musim hujan dan cuaca ekstrim bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2023/2024.
Langkah yang dilakukan, melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah, membuang lumpur keluar rumija, perkuatan penahan tanah di lokasi rawan ambles dengan retaining wall maupun bronjong serta penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 14 titik.
Ke-14 titik tersebut yaitu di Stasiun Bandung, Kiaracondong, Cicalengka, Cibatu, Ciawi, Tasikmalaya, Banjar, Cimahi, Padalarang, Cianjur, Cibeber, Rendeh, Purwakarta dan CibungurCibungur.
Editor : Agus Warsudi
libur natal dan tahun baru liburan natal dan tahun baru natal dan tahun baru Natal dan Tahun Baru 2024 persiapan natal dan tahun baru pt kai pt kai daop 2 bandung depo kereta api kereta api
Artikel Terkait