Warga korban gempa Cianjur merngungsi di Desa Sukasari Kidul, Majalengka. (Foto: iNews.id/Mohamad Zeni Johadi)
Mohamad Zeni Johadi

MAJALENGKA, iNews.id - Belasan korban gempa Cianjur mengungsi ke rumah saudaranya di Kabupaten Majalengka. Mereka mengungsi ke Kota Angin itu sejak sehari setelah gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur pada (21/11/2022) lalu.

Mereka terpaksa mengungsi lantaran rumahnya di Kampung Warung Batu RT 02/05 Kabupaten Cianjur sudah hancur. Selain khawatir terhadap gempa susulan yang hingga saat ini masih saja terjadi meski kekuatannya kecil. 

Mereka ditampung di salah satu rumah di Blok Mekar Sari, Desa Sukasari Kidul, Majalengka. Di tempat itu mereka merasa nyaman dan sedikit demi sedikit trauma yang dilaminya mulai berkurang.

"Alhamdulillah kami bisa mengungsi nyaman di sini, meski saya masih mengalami sesak napas," kata Pepep, pengunsi asal Cianjur, Senin (28/11/2022).


Menurutnya, ada perubahan cukup baik selama mengungsi di Majalengka dan bisa jalan-jalan di sekitar arela pengungsian.

Di bagian lain, Kepala Puskesmas, Dede Munawaroh, mengatakan, jumlah pengungsi ini ada 17 jiwa yang di antaranya 5 anak-anak dan 1 ibu hamil. Kesehatan semuanya dipantau dan rutin dilakukan pemeriksaan.

"Pada umumnya kondisi pengungsi sehat dan ada balita serta ibu hamil dan warga sakit kita prioritaskan ditangani," ujar Dede.


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT