Para "hantu" menggelar Alam Kubur Fashion Week di zebra cross Jalan Asia Afrika depan Gedung Dvriez, Kota Bandung. (FOTO: ISTIMEWA/Tangkapan Layar)
Agus Warsudi

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengajak para "hantu" menggelar Alam Kubur Fashion Week di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Lewat sebuah unggahan video "Meeting Gubernur X Hantu Bandung", Ridwan Kamil terlihat berbincang dengan sejumlah cosplayer di sebuah kafe.

"Saya lagi bersama tokoh-tokoh yang sudah tidak di dunia lagi. Saya tanya sedang apa kita?" kata Ridwan Kamil dalam video tersebut.

Pertanyaan itu dijawab oleh seorang pria yang mengenakan kostum hantu berambut putih, "Lagi persiapan Alam Kubur Fashion Week."

Di bagian lain video, tampak para cosplayer hantu menyeberang di sebuah trotoar depan Gedung DVries, toko serba ada di masa kolonial Belanda di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Terlihat tokoh-tokoh hantu seperti Nyi Roro Kidul, drakula, pocong, gerandong, valak, kuntilanak, suster ngesot, mak lampir, dan lain-lain menyeberang trotoar. Bahkan ada kakek yang menggunakan tongkat, mengenakan iket, baju sorjan, dan celana pangsi ikut melintas.

Tak lama kemudian, video berganti dengan Kang Emil bersama tiga wanita cantik menyeberang di trotoar itu. Kang Emil dan tiga wanita tersebut melanggang bagai peragawan dan peragawati profesional.

Selain mengunggah video, Kang Emil juga menuliskan keterangan sebagai berikut:

"Selamat berhari Minggu,

Semoga semua kita sehat walafiat dan selamat dunia akhirat

Menasehati para mahluk-mahluk alam ghaib.

Cosplay culture ini muncul ramai sejak trotoar di Jalan Asia Afrika diperlebar dan diperbaiki tahun 2015 saat Peringatan KAA.

Semua yang mau berekspresi di ruang publik dipersilahkan karena kita negara demokrasi, namun harus memenuhi dengan 2 syarat:

1. Jangan melanggar ketertiban dan aturan.
2. Jaga kebersihan ruang publik yang dipergunakan.

Biasanya yang melanggar 2 syarat tadi, kegiatannya akan bermasalah.

Semangat. Hatur Nuhun."

Sejak diunggah pada Minggu 31 Juli 2022, video tersebut mendapatkan ribuan likes dan 5.982 komentar dari netizen. Satu di antara ribuan netizen yang berkomentar adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno lewat akun Instagram, @sandiuno.

"Keren! Kreativitas seperti ini harus didukung. Sampaikan salam saya untuk mereka. Semoga sehat dan sukses selalu di alamnya (ikon hantu)," tulis @sandiuno.

@richardricardoo menulis komentar, "Hahahah si akang bodor wae hiburan ieu mah ig pagub na (ikon tertawa).

"NGAKAK gak tuh "Alam Kubur Fashion Week" keren juga yaa udah beda alam masih bisa ngefasyiunn," tulis komentar akun @mjunevbby.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT