Gubernur Jabar Ridwan Kamil berlenggak-lenggok di floating deck bersama Bonge ikon Citayam Fashion Week saat meresmikan Setu Rawa Kalong di Curug, Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022). (FOTO: ANTARA)
Agung Bakti Sarasa

DEPOK, iNews.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Setu Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022). Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengundang Eka Satria Saputra atau Bonge, ikon Citayam Fashion Week di acara itu.

Peresmian dilakukan setelah Pemprov Jawa Barat merevitalisasi setu atau danau yang awalnya berfungsi sebagai irigasi sawah sejak 2019 itu. Revitalisasi dilakukan setelah Setu Rawa Kalong kehilangan daya tarik akibat alih fungsi lahan kawasan sekitarnya. 

Melalui revitalisasi, Setu Rawa Kalong diharapkan mampu menghadirkan kebahagiaan sekaligus meningkatkan taraf ekonomi warga Depok, khususnya warga sekitar Setu Rawa Kalong. 

Kini, setelah direvitalisasi, Setu Rawa Kalong dilengkapi berbagai fasilitas, mulai gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian path, dan lainnya. "Ini merupakan upaya yang sederhana, tapi sungguh-sungguh membahagiakan," kata Kang Emil.

Dalam kegiatan peresmian yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas Pemprov Jabar itu, Kang Emil, menyatakan, pascarevitalisasi, Setu Rawa Kalong memiliki dua fungsi utama, yakni lingkungan dan sosial. 

"Rawa Kalong fungsi utama untuk irigasi, jadi kualitas airnya harus dijaga. Kedua, karena melintas kawasan padat penduduk, maka perlu dijaga kebersihan dan ketertibannya," ujarnya.

Revitalisasi sekaligus peresmian Setu Rawa Kalong, tutur Gubernur Jabar, merupakan bentuk kecintaannya kepada warga Depok. "Hari ini kita resmikan, dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, hari ini Setu Rawa Kalong diresmikan. Sekali lagi, titip jaga kebersihan dan ketertiban," kata Kang Emil disambut tepuk tangan ribuan warga yang hadir. 

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan terima kasih kepada Kang Emil atas revitalisasi Setu Rawa Kalong dan sejumlah infrastruktur lainnya di Kota Depok.

"Kami warga Depok mengucapkan ribuan ribuan terima kasih kepada Kang Emil, Gubernur Jabar yang begitu atensi, perhatian kepada Kota Depok khususnya," kata Wali Kota Depok. 

Revitalisasi Setu Rawa Kalong, ujar Mohammad Idris, merupakan wujud kolaborasi yang apik antara Pemkot Depok dan Pemprov Jabar. Kolaborasi ini pun, kata Idris, berlanjut dalam pembangunan infrastruktur lainnya di Kota Depok. 

"Ini Rawa Kalong kolaborasi kita dengan Jabar. Insya Allah Under Pass Dewi Sartika selesai pada tahun ini, insya Allah di Margonda ada masjid raya juga kolaborasi dengan Pemkot Depok dan desainnya langsung Pak Gubernur," ujarnya. 

Wali Kota Depok pun menitipkan pesan kepada warga Depok untuk menjaga dan merawat Setu Rawa Kalong yang telah rampung direvitalisasi. Acara peresmian Setu Rawa Depok cukup meriah. Selain diwarnai pagelaran kesenian, Kang Emil dan Idris pun bagi-bagi hadiah berupa sepeda kepada warga yang beruntung. 

Istimewanya lagi, ikon Citayam Fashion Week, Bonge hadir menyapa ribuan warga yang memenuhi Setu Rawa Kalong. Tidak hanya Bonge, sejumlah temannya di CFW pun juga turut hadir yang membuat acara semakin meriah. 

Kemeriahan semakin terasa saat Kang Emil dan Bonge Cs lenggak-lenggok di atas floating deck. Momen itu sekaligus menjadi wujud janji Kang Emil untuk mengajak komunitas CFW untuk berkegiatan di Setu Rawa Kalong. 

Diketahui, Kang Emil sebelumnya mengatakan, selain menjadi ruang terbuka bagi warga Depok, Setu Rawa Kalong bisa menjadi lokasi baru ajang CFW. Bahkan, Kang Emil mengatakan bahwa Setu Rawa Kalong menjadi hadiah bagi warga Depok, termasuk komunitas CFW. 

"Hari Jumat besok akan diresmikan, itu pertanda ada ruang publik di Depok. Banyak hadiah dari Pak Gubernur. Selain Jalan Dewi Sartika, Rawa Kalong danaunya sudah siap dipergunakan," ujar Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (1/8/2022). 

Selain mengizinkan komunitas CFW unjuk gigi di Setu Rawa Kalong, Kang Emil pun bahkan berjanji untuk ikut mempromosikan ajang CFW di Setu Rawa Kalong melalui akun media sosial (medsos) pribadinya.

"Kalau Citayam Fashion Week kalau mau pindah ke sana silakan. Kapan lagi jalan-jalan di atas air. Nanti saya posting," kata Kang Emil.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT