Puluhan ekor ikan kancra bodas atau ikan dewa mati mendadak di objek wisata Cibulan, Kuningan. (FOTO: tangkapan layar video)
Tim iNews.id

KUNINGAN, iNews.id - Puluhan ikan dewa atau kancra bodas di objek wisata Cibulan, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, mati mendadak, Selasa (30/8/2022). Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar Hermansyah menjelaskan dugaan penyebab ikan dewa itu mati.

Kepala DKP Jabar Hermansyah mengatakan, mendapatkan informasi dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan jumlah ikan dewa yang mati mendadak ada sekitar 20 ekor. Penyebab kematian ikan dewa itu diduga karena parametar air mendadak berubah.

"Kemungkinan sih dari fluktuasi parameter air yang mendadak berubah, bisa saja dari pemberian pakan yang berlebih oleh pengunjung sehingga ada zat tertentu yang masuk ke saluran pencernaan ikan sehingga menyebabkan kematian," kata Kepala DKP Jabar, Rabu (31/8/2022).

Dari hasil uji kualitas air yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan, ujar Hermansyah, secara keseluruhan kualitas air di objek wisata Cibulan masih cukup baik dan layak untuk membudidaya ikan, terutama ikan dewa. 

Selain itu, DKP Jabar juga tengah meminta dikirim sampel ikan yang mati untuk diuji di Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutur (BKIPM) Cirebon. "Saat ini masih dikaji dulu di laboratorium, nanti kalau ada informasi lebih lanjut akan kami sampaikan kembali," ujar Hermansyah.

Puluhan ekor ikan dewa di objek wisata Cibulan, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan mati mendadak membuat heboh masyarakat. Video berisi rekaman belasan ekor itu pun viral setelah tersebar di media sosial (medsos).

Dalam video terlihat puluhan ekor ikan dewa dengan ukuran cukup besar mati pada Selasa (30/8/2022). Postingan yang diunggah di laman Facebbok milik akun Om Beben itu direspons oleh 1.446 netizen. Mereka membagikan video tersebut.

Tampak sejumlah warga tengah mengubur ikan dewa dengan latar belakang kebun. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak pengelola objek wisata Cibulan terkait kematian ikan dewa tersebut.

Akun Om Beben menulis keterangan di bawah video yang diunggah. "Pertanda apakah ini, ikan dewa di Cibulan mati," kata Om Beben dengan emoticon menangis, dikutip dari iNews.Cirebon.id, Kamis (1/9/2022).


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT