Atlet Jabar tiba di Kota Bandung setelah berlaga di PON XX Papua 2021. (Foto: iNews/DICKY WISMARA)
Dicky Wismara

BANDUNG, iNews.id - Gelombang pertama kepulangan atlet jabar setelah berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, telah tiba di Kota Bandung, Kamis (14/10/2021). Sebanyak 270 atlet dari 10 cabang olahraga (cabor) langsung menjalani karantina di empat hotel di Kota Bandung.

Wakil Kepala Bidang Organisasi Koni Jabar Agus Salide mengatakan, malam ini sebanyak 270 atlet dan ofisial yang kembali. Mereka berasal dari 10 cabor, di antaranya, bulu tangkis, pencak silat, hoki, selam, dan renang.

"Mereka (para atlet) dikarantina di empat hotel. Hotel Grand Preanger, Savoy Homman, Fave Hotel Braga, dan El Royale," kata Agus Salide.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Jabar Dewi Sartika mengatakan, 270 atlet ini akan menjalani karantina di empat hotel selama 5 hari sebelum kembali ke keluarga masing-masing.

"Karantina ini dilakukan selain karena protokol yang telah ditetapkan juga untuk menjaga kesehatan para atlet," kata Dewi Sartika.

Pada hari ke-4 nanti, ujar Dewi Sartika, para atlit akan menjalani tes polymerase chain reaction (PCR). "Jika ada atlet yang terpapar Covid-19, satgas akan langsung melakukan tindakan dengan mengarantina di BPSDM Jabar," ujarnya.

Hanifan Yudani Kusumah, atlet pencak silat peraih medali emas PON XX Papua 2021 mengatakan, tak mempermasalahkan karantina selama 5 hari. "Selain difasilitasi dengan baik, karantina ini juga bertujuan agar tidak membawa virus Corona ke keluarga. Mohon bersabar. Kalau pandemi ini berakhir kan kita bisa hidup normal lagi," kata Hanifan. 

Selama karantina para atlit diperboleh melakukan aktivitas di lingkungan hotel. Keluarga juga keluarga diperbolehkan menjenguk namun dengan pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) ketat.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT