Petugas Polsek dan Koramil Terisi menujukkan granat manggis (lingkaran merah) yang ditemukan petani di tengah kebun tebu. (Foto: Humas Polda Jabar)
Agus Warsudi

INDRAMAYU, iNews.id - Yanto, seorang petani di Blok Grabyagan Petak 27 Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terkejut bukan main saat menemukan granat manggis di tengah kebun tebu, Sabtu (22/1/2022). Lantaran khawatir meledak, petani itu melapor ke Polsek Terisi.

Setelah menerima laporan, petugas Polsek Terisi meminta bantua Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Satuan Brimob Polda Jabar mengevakuasi bahan peledak tersebut dari kebun tebu. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, benda yang diduga granat tersebut ditemukan Yanto yang saat itu sedang mencangkul di lahan tebu. Beruntung granat tersebut tak terkena cangkul. 

“Melihat benda tersebut, Yanto memberitahukan kepada temannya Sodikin. Mereka kemudian melapor ke Polsek Terisi,” kata Kabid Humas Polda Jabar. 

Setelah menerima laporan, ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo, petugas Polsek Terisi meluncur ke lokasi kejadian penemuan granat. Di tempat kejadian perkara (TKP), petugas melakukan pengecekan. Ternyata benar, benda itu diduga kuat granat manggis.

Bahan peledak itu telah berkarat dan ditutupi tanah. Namun diduga masih bisa meledak jika dipicu. Petugas Polsek Terisi lalu menghubungi Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda  Jabar.

"Petugas polsek dan koramil melakukan pengamanan di sekitar lokasi tersebut dengan memasang garis polisi sampai Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar datang," ujar Kombes Ibrahim Tompo.

Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar yang tiba di lokasi kejadian, tutur Kabid HUmas, kemudian melakukan disposal atau pemusnahan benda yang diduga granat manggis tersebut.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT