Pembelian BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar di KBB masih dilakukan manual dan tidak ada lonjakan permintaan BBM jenis tertentu dari masyarakat pengguna kendaraan, Jumat (1/7/2022). (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)
Arif Budianto

BANDUNG, iNews.id - Pertamina bakal menjemput bola untuk pendaftaran pengguna bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar. Hal itu dilakukan guna membantu pengelola angkutan umum

"Kami dari tim SA (sales area) Bandung akan menjemput bola untuk membantu setiap DPC Organda melakukan pendaftaran di wilayah Jawa Barat. Namun, kami perlu data untuk kelengkapan pendaftaran tersebut agar pendaftaran ini dapat berjalan dengan lancar," kata Sales Area Manager Bandung Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Fachrizal Imaduddin, Senin (11/7/2022). 

Sosialisasi kepada masyarakat, edukasi dan posko pendaftaran langsung juga disiapkan di beberapa titik SPBU di Jawa Barat guna mempermudah masyarakat yang memiliki kendala tertentu dalam melakukan pendaftaran. Namun jika sudah dirasa mampu, maka tidak harus datang ke SPBU tertentu untuk melakukan pendaftaran, karena pendaftaran dapat dilakukan dimana saja melalui aplikasi MyPertamina dan website subsiditepat.mypertamina.id

Sementara Fachrizal pun meyakini bahwa program yang diselenggarakan ini tentunya akan menyelaraskan tujuan agar subsidi yang diberikan pemerintah bisa tepat sasaran. 

“Sosialisasi ini kami buat agar Pertamina dapat bergerak bersama Organda.  Subsidi yang diberikan oleh pemerintah bisa tepat sasaran dirasakan oleh masyarakat yang berhak,” ujar Fachrizal.

Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Fahrougi Andriani, menjelaskan bahwa Pertamina memastikan pelaksanaan pendaftaran melalui website bukan untuk menyulitkan masyarakat, namun untuk melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

“Saluran pendaftaran yang beragam (website, aplikasi dan di SPBU) saat ini telah berjalan baik. Mari kita sama-sama pastikan BBM Subsidi dikonsumsi oleh masyarakat yang tepat dan berhak,” kata Fahrougi.


Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Barat Dida Suprinda. Pertemuan tersebut membahas mengenai subsidi tepat sasaran yang pendaftarannya dibuka awal Juli lalu.

Dida bersama dengan Organda Jawa Barat mendukung penuh program tersebut walaupun pada awalnya ia sempat ragu saat proses pendaftaran akan terjadi banyak kendala. Namun hal tersebut tidak terbukti, sebab program ini justru menjadi titik terang atas keluhan seperti sopir angkot selama ini serta tidak menjadikan para angkutan darat Jawa Barat tidak mendaftar.

“Kami, Organda Jawa Barat sangat mendukung subsidi tepat sasaran. Melihat sangat jelas bahwa yang mendapatkan subsidi Pertalite dan Biosolar banyak digunakan oleh pihak-pihak yang tidak berhak mendapatkan subsidi. Mari kita harmonikan program ini bersama Pertamina,” ujar Dida. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT