Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo memimpin apel gabungan untuk menyinergikan tiga matra TNI. (FOTO: Pendam Siliwangi)
Agus Warsudi

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto sekaligus Komandan Komando Garnisun Tetap (Kogartap) II Bandung memimpin apel gabungan di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (14/11/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk menyinergikan tiga matra, TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut, dan Angkatan Udara (AU) di wilayah Kodam III Siliwangi.

Apel gabungan Kogartap II/Bandung semester II tahun 2022 itu diawali olahraga sepeda santai yang start dari Mako Kogartap II Bandung Jalan Nias Nomor 3 dan finish di Mako Pusdiklatpassus Kopassus. Bersepeda santai tersebut diikuti para pejabat dari lingkungan TNI, lingkungan AD, AL dan AU.  

Pangdam Siliwangi sekaligus Komandan Kogartap II Bandung mengatakan, apel gabungan ini dilaksanakan untuk memperkuat sinergitas, sinkronisasi, sharing informasi, dan menjadi wahana dalam pemetaan sistem tiga matra TNI.

"Kodam III Siliwangi mengembangkan Sistem Informasi (Sisfo) dan Sistem Komunikasi (Siskom) terintegrasi. Selama ini Sisfo dan Siskom, tiga matra TNI masing-masing (terpisah) sehingga banyak terjadi kendala," kata Pangdam Siliwangi.

Untuk mengatasi masalah komunikasi itu, ujar Mayjen Kunto Arief Wibowo, dibangun Sisfo dan Siskom terintegrasi dan memudahkan dalam bekerja. "Namun saat ini masih sedikit terkendala oleh ego sektoral dan doktrin-doktrin tiap bagian," ujar Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Dalam sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (sishankamrata), tutur Pangdam Siliwangi, seluruh potensi kekuatan dilibatkan. Komponen utama, cadangan, dan pendukung, harus bersatu dan selaras. 

"Terkait hal itu perlu suatu wahana bersama dalam bentuk kegiatan. Capaiannya adalah sampai pada latihan rutin tiap tahun yang melibatkan tiga matra," tutur Pangdam Siliwangi.

Selepas apel gabungan, acara dilanjutkan dengan senam aerobik. Apel gabungan dan olahraga bersama dihadiri Ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Pertiwi, Persit KCK PD III Siliwangi, Pia Ardya Garini Bakorda Bandung, Jalasenastri, dan IKKT PWA Cabang BS VII Kogartap II Bandung. 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT