Dedi Mulyadi dan Njay berbincang tentang motor RX King yang dimodifikasi bertema Kang Dedi Mulyadi. (FOTO: ISTIMEWA)
Agus Warsudi

SUBANG, iNews.id - Njay, seorang modifikator memilih tema politisi yang diidolakannya Dedi Mulyadi untuk diabadikan di motor RX King kesayangannya. Hebatnya, motor RX King itu tiga kali menyabet juara lomba modifikasi.

Pemuda pemilik Bengkel Bajay Motor di Cileungsi, Bogor ini datang menemui Kang Dedi di Lembur Pakuan Subang. Dia memamerkan karyanya. “Alhamdulillah pertama ikut kontes modifikasi langsung juara pertama. Itu di Grand Cakung. Total sudah tiga kali ikut kontes semuanya bawa piala,” ujar Njay.

Modifikasi motor yang dilakukan Njay memang unik dan sangat detail. Dia melakukan airbrush di hampir seluruh bagian motor, mulai dari depan, belakang, atas dan bawah. Di bagian depan bergambar Dedi Mulyadi, istri Anne Ratna Mustika, dan putri bungsu yang cantik Nyi Hyang Sukma Ayu. 

Sedangkan tangki motor, baik atas, maupun samping kanan kiri, bergambar Dedi Mulyadi saat berkegiatan di sawah, menyapa masyarakat, dan menggendong Nyi Hyang Sukma Ayu.

Bagian blok mesin dan sejumlah partisi dimodifikasi dengan cara diukir manual menggunakan tangan. Motif ukiran yang paling menonjol adalah sosok Semar di bagian blok mesin kiri. 

“Ini dulu belinya Rp4 juta. Kalau modifikasi gak pernah dihitung berapa karena dikerjain sendiri,” kata Njay dalam rilis Dedi Mulyadi yang diterima iNews.id, Selasa (31/5/2022).

Sementara, jok motor bergambar Dedi Mulyadi. Jok tersebut hanya dipasang saat akan mengikuti kontes. Sedangkan pada hari biasa atau saat digunakan, jok motor diganti dengan yang polos.

Alasannya, bBukan takut rusak, melainkan Njay merasa tidak enak jika harus menduduki gambar sang idola. “Gak enak. Gak sopan kalau didudukin,” ujar Njay.

Sejak viral dan menjuarai berbagai kontes, tutur Njay, kini motornya telah ditawar banyak orang dengan harga fantastis. Terakhir motor tersebut ditawar Rp 50 juta namun tidak dilepas. Saat ini dia lebih memilih untuk menyimpan motor bertema idolanya, Dedi  Mulyadi.

Kang Dedi pun sempat berkeliling kampung mencoba motor. Selain indah secara tampilan, motor yang sudah berumur cukup tua itu masih enak dan nyaman dikendarai. “Keren, kreatif, rapi, detail. Bahkan saking sopannya ini jok gak boleh didudukin,” kata Kang Dedi.

Salah satu bagian favorit Dedi dari motor tersebut adalah gambar yang ada di bagian samping jok. Gambar tersebut diambil dari foto Dedi beberapa tahun lalu saat duduk bersama seorang kakek petani di tepi sawah.

Menurut Kang Dedi, RX King adalah motor impian saat masih SMA. Saat itu, RX King hanya dipakai oleh anak-anak orang kaya. Sementara dia tak sanggup untuk membelinya.

Di akhir pertemuan, untuk melengkapi modifikasi Kang Dedi Mulyadi membubuhkan tanda tangan di bagian tangki bensin dan jok motor tersebut. 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT