Para petani tebu di Jatitujuh, Majalengka berharap tidak ada impor gula dan mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo. (FOTO: ISTIMEWA)
Agus Warsudi

MAJALENGKA, iNews.id - Petani Tebu Bersatu Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi presiden pada 2024. Mereka yakin Ganjar akan membawa petani tebu mewujudkan swasembada gula

"Kami Petani Tebu Jatitujuh Majalengka mendukung sepenuhnya Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024," kata Warto Mardianto (34), deklarator, saat membacakan teks deklarasi di lahan pertanian tebu Desa Sumber Kulon, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Sabtu (27/8/2022). 

Warto menyatakan, jumlah petani tebu di Majalengka lebih dari 13.000 orang. Mereka menggarap lahan tebu seluas 6.400 hektare. Warto menyatakan 13.000 petani tebu itu mendukung Ganjar agar menjadi pemimpin Indonesia periode 2024-2029. "Jumlah yang hadir 500 orang itu mewakili 13.000 petani tebu bersatu. Semuanya, 100 persen mendukung Pak Ganjar menjadi presiden," ujarnya.

Para petani tebu di Majalengka mendukung orang nomor satu di Provinsi Jateng itu, tutur Warto, karena kepemimpinannya terbukti membawa perubahan ke arah lebih baik, khususnya kebijakan Ganjar yang berpihak kepada petani tebu. 

"Kami ingin Pak Ganjar menjadi Presiden Indonesia sehingga kepimpinan Pak Ganjar nanti bisa membawa kemajuan bagi petani tebu di Jatitujuh ini," tutur Warto. 

Ganjar Pranowo, kata Warto, sosok cerdas, supel, ramah, tegas, berwibawa, punya karakter sebagai pemimpin kuat dan berpengalaman lengkap, baik sebagai gubernur Jawa Tengah dua periode maupun anggota DPR RI. 

Warto menyakini Ganjar apabila menjadi presiden dapat melakukan ekspor gula ke berbagai negara di dunia. "Harapannya kalau Pak Ganjar jadi presiden, jangan impor gula dari luar negeri, karena di Indonesia pun banyak gula-gula terbaik yang dihasilkan di Jawa Barat, khususnya di Jatitujuh ini," ucapnya.

Dalam rangkaian deklarasi juga ada pemberian santunan untuk secara simbolis kepada anak yatim, jompo, dhuafa dan pemberian sembako kepada warga secara langsung ke rumah.

Selain itu, pembagian hadiah kepada petani tebu yang bisa menjawab pertanyaan seputar Ganjar Pranowo. Lalu doorprize peralatan rumah tangga seperti kipas angin, kompor gas, dispenser, hingga TV. 

Acara dimeriahkan dengan penampilan kesenian daerah, yaitu, Lengser, pentas seni Blentung, teatrikal, dan puisi perjuangan dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI. 

Dalam acara ini diadakan pula saresehan dan diskusi yang mengusung tema 'Dengan Semangat HUT RI ke-77, Petani Tebu Bertekad Mewujudkan Ketahanan Panhan Nasional'.

Diskusi dihadiri narasumber Waketum DPN Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Roby Hermawan, Sekjen DPN APTRI Mulyadi, Taryono selaku Dewan Pengawas dan GM Pabrik Gula Jatitujuh, M. Wisri Mustofa. 

Sebelumnya, para petani di daerah lain juga menggelar deklarasi dukungan. Antara lain, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur; Karanganyar, Jawa Tengah; Way Kanan, Lampung; Palembang, Sumatera Selatan; dan Dompu, NTB.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT