Proses pencarian Salikin, ABK asal cirebon dilakukan di Laut Irlandia di tengah cuaca buruk. (Foto: Istimewa)
Toiskandar

CIREBON, iNews.id - Anak buah kapal (ABK) asal Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, yang dikabarkan hilang di Laut Irlandia diduga karena terpeleset saat menjala ikan. ABK bernama Salikin itu diketahui bekerja di kapal Kapal Edersands sejak sebulan yang lalu.

Berdasarkan informasi yang diterima, Camat Mundu, Anwar Sadat, mengatakan, insiden terjatuhnya Salikin karena diduga terpeleset saat menebar jala di perairan sebelah barat Irlandia. Salikin terjatuh ke dalam laut yang ketika itu cuaca sedang tidak bersahabat serta gelombang laut cukup besar.

"Saat ini sedang dilakukan pencarian oleh otoritas setempat bersama para nelayan," kata Anwar, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, saat ini cuaca di Laut Islandia kurang bersahabat sehingga proses pencarian dihentikan sementara. Operasi kembali akan dilakukan setelah cuaca cukup mendukung.

"Kami berharap pemerintah pusat atau Kementerian Luar Negeri untuk terus berkoordinasi agar Salikin bisa ditemukan dan bisa segera  dipulangkan," ujar dia.


Sementara itu, Tariah, istri Salikin hanya bisa menangis begitu mendengar kabar suami hilang akibat terjatuh ke laut. Dia merasa cemas akan nasib suaminya itu dan berharap Salikin bisa segera ditemukan dan pulang ke tanah air. 

"Suami saya pergi mencari nafkah dengan bekerja di kapal sebulan yang lalu. Harapannya cepet-cepet ditemukan dan dipulangkan," ujar Tariah sambil berlinang air mata. 

Tampak keluarga dan tetangga mendatangi rumah Tariah. Mereka datang untuk menenangkan dan memberi semangat kepada istri ABK itu yang terus-menerus menangis. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT