Kakek Ma'mun berhasil selamat dari gempa saat sedang beribadah di masjid. (Foto: iNews.id/Bachtiar Rojab)
Bachtiar Rojab

JAKARTA, iNews.id - Banyak kisah yang diceritakan para korban selamat dari gempa yang mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur. Salah satunya kisah spiritual yang dialami kakek Ma'mun saat gempa berkekuatan 5,6 mengguncang.

Pria renta berusia 77 tahun itu tetap selamat dan sehat walafiat setelah tertimpa reruntuhan masjid. 

Kisah itu terjadi di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Saat itu, Ma'mun tengah beribadah di masjid setempat. Kala itu seusai melantunkan azan dan Salat Zuhur tiba-tiba kaget dengan guncangan gempa. 

"Itu saya lagi baca wirid, tiba-tiba bruk bruk brak pada jatuh, saya pasrah," ujar Ma'mun kepada MPI, Rabu (23/11/2022). 

Ma'mun menambahkan, dibenaknya hanyalah kematian. Dia pun pasrah menutup kepala dengan tangan sembari terus melantunkan ayat Alquran. 

"Saya duduk saja sambil baca-baca nutup kepala, merem. Alhamdulillah saya selamat, tapi masjidnya hancur, itu masjid peninggalan bapak saya," katanya. 

Setelah guncangan gempa reda, dia merayap keluar masjid sembari memegangi kepalanya. Namun, Ma'mun bersyukur tidak ada luka sedikitpun meski dirinya tertimpa reruntuhan. 

"Alhamdulillah ini saya selamat, Alhamdulillah sehat walafiat, nggak ada luka," ujarnya. 

Di sisi lain, nampak desa tempat Ma'mun tinggal tengah porak-poranda. Bahkan, hampir seluruh rumah dinyatakan rusak berat.


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT