Ilmi Diina Aliyah, mahasiswa Tel-U Bandung menciptakan aplikasi Hear Me untuk membantu tunarungu berkomunikasi. (FOTO: ISTIMEWA)
Dila Nashear

BANDUNG, iNews.id - Ilmi Diina Aliyah, mahasiswi Fakultas Informatika (FIF) Telkom University (Tel-U) Bandung mengembangkan aplikasi untuk alat bantu komunikasi penyandang disabilitas tuli atau tunarungu melalui metode User Centered Design (UCD). Aplikasi itu diberi nama Hear Me.

Ilmi mengatakan, aplikasi Hear Me dibuat untuk membangun interaksi antarmuka merupakan pengembangan dari aplikasi yang telah ada.

"Saya kembangkan di bagian live transcribe sehingga mempermudah para penyandang tunarungu dalam berkomunikasi," kata Ilmi dalam keterangan tertulis pada MNC Portal Indonesia (MPI), Sabtu (27/8/2022).

Lebih kerennya lagi, Ilmi yang juga mahasiswi penyandang tunarungu ini berharap, aplikasi Hear Me bisa membantu penyandang disabilitas tulis dapat berkomunikasi dengan orang normal.

"Kami mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang normal. Karena orang normal berbicara cepat dan panjang. Selain itu orang normal umumnya banyak yang tak bisa menggunakan bahasa isyarat," ujar Ilmi.

Dari informasi yang disampaikan pihak universitas yang berlokasi di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung itu, Ilmi Diina Aliyah, mahasiswi angkatan 2017 ini mengembangkan aplikasi Hear Me sekitar tiga bulan. Ilmi lulus dari Telkom University dengan nilai sangat memuaskan. DILA NASHEAR


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT