Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkap resep prestasi gemilang kontingen Jabar meraih gelar juara umum PON XX Papua 2021. (Foto: iNews/Edy Siswanto)
Edy Siswanto

JAYAPURA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap strategi hingga Kontingen Jabar menyabet Juara Umum di Pon XX Papua 2021. Strategi itu, kata pria yang akrab disapa Kang Kamil ini, adalah pembinaan atlet yang konsisten.

"Resepnya hanya satu, yakni pembinaan yang konsisten. Jawa Barat itu gemar membuat event (pertandingan olahraga) provinsi, daerah (kota dan kabupaten), pesantren, pelajar, dan lainnya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menemui Kontingen Jabar di Abepura, Jumat (15/10/2021).

Kang Emil menyatakan, dengan banyaknya event olahraga, akan menjadi ajang pencarian bakat atlet. Di sinilah kemudian bibit-bibit unggul itu dibina hingga menjadi profesional dan mampu mewakili Jawa Barat dalam event-event nasional seperti PON.

"Jadi setelah direkrut, bibit-bibit atlit ini kita masukkan di pembinaan, yakni melalui Pendidikan Latihan Olahraga Pelajar. Di sini mereka dibina hingga menjadi atlit," ujar Kang Emil.

Pemprov Jabar, tutur Kang Emil, saat ini tengah melakukan eksperimen untuk mendongkrak kualitas atlet yakni melalui kebutuhan fisik dan prestasi.

"Empat tahun ini kita lagi berkesperimen untuk itu, jadi seperti begini, kalau atlit dilatih dioksigen tipis maka sel darah merahnya akan banyak. Nah dengan kondisi ini jika ditanding maka akan bagus," tutur Gubernur Jabar.

Diketahui, Kontingen Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum setelah meraup 133 medali emas, 105 perak dan 118 perunggu. "Kami mewakili masyarakat Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada semua atlet dan pelatih serta KONI Provinsi Jabar dan kabupaten. Kami berkomitmen PON di Aceh dan Sumber bisa mempertahankan gelar juara umum," ucap Kang Emil.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT