BANDUNG, iNews.id - Peluang bisnis bisa datang dari mana saja, dari profesi yang digeluti pun bisa mendatangkan cuan yang tak sedikit jumlahnya. Bahkan, tidak sekadar sebagai penghasilan sampingan, justru ide usaha itu bisa mejadi bisnis utama.
Hal itu juga telah dibuktikan oleh salah seorang selebgram asal Bandung Septrina Rams Chhetri. Mojang Bandung ini awalnya me-review produk kecantikan di akun media sosial miliknya. Suatu ketika, saat mereview salah satu produk kecantikan, banyak netizen yang menginginkan produk tersebut.
"Saat itu banyak netizen yang bertanya beli di mana dan bagaimana mendapatkannya. Hingga akhirnya produk itu saya jual, dan ternyata responsnya luar biasa," kata Septrina yang saat ini sedang mengandung anak pertamanya.
Sejak saat itu, dia kemudian terpikirkan untuk menggeluti bisnis kecantikan. Dia pun memberanikan diri mengusung brand Jarkeen, memproduksi dan menjual beberapa produk scencare. Produk demi produk berhasil dirilis dan selalu mendapat minat besar dari kaum hawa.
Empat tahun sudah bisnisnya berjalan. Bahkan, dia berhasil melalui masa berat pandemi pada 2020 lalu. Namun di tengah kondisi sulit itu, dia tak merumahkan karyawan. Justru terus berinovasi membuat berbagai produk dan berhasil mencatat penjualan hingga miliaran rupiah per tahun.
"Kami mencatat transaksi miliaran rupiah, salah satunya didorong oleh jaringan reseller ini. Konsumennya pun cukup luas baik domestik atau mancanegara. Beberapa produk kami dibeli konsumen dari Singapura, Jepang, Amerika, India dan lainnya," ujar perempuan kelahiran 1992 itu.
Dia bersyukur, produk lokal asli Bandung ini bisa diterima konsumen Indonesia. Padahal, saat ini begitu banyak produk kecantikan lokal dan dunia yang masuk Indonesia. Namun dengan tetap fokus pada kualitas produk dan riset yang baik, pihaknya yakin Jarkeen akan semakin diterima masyarakat.
Editor : Asep Supiandi
Artikel Terkait