Rumah duka nelayan yang meninggal akibat tenggelam di Waduk Cirata dipenuhi tetangga yang melayat. (Foto: Istimewa)
Asep Supiandi

CIANJUR, iNews.id - Nelayan yang hilang dan tenggelam di Waduk Cirata Blok Kebon Buah Desa Kamurang, Keamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal, Minggu (21/8/2022). Jasad korban ditemukan mengambang di sekitar lokasi kejadian awal tenggelam.

Jasad korban atas nama Enang Rijal (24) kemudian dievakuasi ke rumah duka di Kampung Sukatani RT 29 RW 07, Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang untuk segera dimakamkan. 

Komandan Tim Rescue A Rafik menyebutkan, jasad Enang ditemukan nelayan setempat dan keluarga  dengan kondisi mengambang di sekitar LKP (Last Known Position). Pada Pukul 06.00 WIB keluarga berkoordinasi dengan Tim SAR gabungan di lapangan bahwa korban sudah dievakuasi ke rumah duka. 

"Sehubungan dengan telah ditemukannya korban, maka Operasi SAR selesai. Seluruh unsur SAR kembali ke kesatuannya masing masing,"ujar Rafik. 

Sebelumnya korban atas nama Enang Rijal (24) dilaporkan terjatuh dari perahu mesin miliknya ketika akan mengambil ikan di waduk Cirata Blok Kebon Buah Desa Kamurang, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur.

Kejadian bermula pada Jumat (19/08/2022) sekitar pukul 23.30 WIB saat korban menggunakan perahu mesin menuju bagan untuk mengambil ikan. Namun sekitar jam 12 malam, salah seorang saksi atas nama Hasan mendengar teriakan korban dan kemudian berusaha menghampiri namun korban sudah tidak terlihat dan hanya ditemukan perahu mesinnya, diduga korban terpeleset dari perahu mesin dan tenggelam.

Dalam proses pencarian, sejumlah unsur SAR ikut terlobat, antara lain Basarnas Bandung, Satpolair Polres Cianjur, Polsek Cikalong Kulon, Damkar Cianjur, Dishub Cianjur, BPBD Cianjur,  BFRAD West Java,  Retana Cikalong kulon, Retana Ciranjang, Scout Rescue, IEA Cianjur, PBNU dan RAPI lokal II Cianjur, Baznas Jabar, SAR Unpad, Jagabala Rescue, PMI Cianjur.


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT