Kemeriahan saat acara Halalbihalal sekaligus Reuni Nasional, Sabtu (7/7/2022). (Foto: iNews.id/Hasan Hidayat)
Hasan Hidayat

CIREBON, iNews.id - Majelis Komunikasi Alumni Babakan (Makom Albab) menggelar acara Halalbihalal sekaligus Reuni Nasional, Sabtu (7/7/2022). Dalam undangan, Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Yaqut Cholil Qoumas akan hadir, namun diwakili Direktur Pendidikan Agama Islam dan Pondok Pesantren Ditjen Pendis Kemenag, Dr Waryono Abdul Ghofur

Dalam membacakan sambutan, dia menyampaikan, setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan, kemudian menyambut Hari Raya Idul Fitri. "Semoga kita kembali fitrah kepada kemanusiaan, yang mampu menjalankan fungsi spiritual kita sebagai hamba Allah," ucapnya 

Dikatakannya lebih lanjut, tradisi yang masih dilanjutkan selama bulan Syawal adalah Halalbihalal, tradisi ini menjadi momentum untuk menyempurnakan ibadah selama Ramadhan.

"Mari saling membuka pintu maaf kepada sesama, kesediaan untuk meminta maaf menjadi sikap yang sangat penting, dalam menjalani kehidupan mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Kebon Jambu al-Islamy Hj Masriyah Amva dalam sambutannya menyampaikan, alumni-alumni ini merupakan bintang-bintang pondok pesantren yang memperindah dan menyinari bumi Indonesia dengan ilmu dan iman.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan Babakan dengan mereka (alumni) wujud dari doa para sesepuh untuk mereka bermanfaat di tengah- masyarakat," ujarnya. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan yang juga alumni Abdul Khaliq Ahmad.

"Ini sebagai ajang silaturrahim alumni Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, kebetulan saya juga bagian dari komunitas alumni, sebagai dewan pakar," kata Abdul di sela kegiatan.

Menurutnya, ada dua hal yang menarik dalam kegiatan tersebut, yang pertama adalah dengan berkumpul kembali sahabat lama, ini sangat berkesan baginya. Kemudian, ini merupakan forum silaturahim yang bisa menguatkan dan mengokohkan persaudaraan kebangsaan. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT