Salah satu cuplikan game yang tengah digemari saat ini. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Developer game lokal bisa tembus ke pasar global. Salah satu caranya adalah dengan memperluas jaringan ke publisher game internasional. Dengan begitu, developer lokal bisa mempromosikan game buatan mereka.

"Publisher internasional memiliki akses pasar lebih luas. Dia (publisher internasional) adalah pihak paling potensial yang dapat membantu developer lokal memperluas jangkauan pasar," kata PR and Community Manager of Another Indie Vladyslav Tsypljak dalam acara "i360 on Gaming: Unleashing Indonesia’s Potentials" secara daring, Jumat (6/11/2020).

Namun, ujar Vladyslav, sebelum bertemu dengan publisher, developer perlu melakukan research (riset) terlebih dahulu, terutama terkait portfolio dan track record atau rekam jejak publisher tersebut.

"Game developer lokal dapat pula mempekerjakan PR (public relations) specialist atau social media apecialist yang dapat mendongkrak exposure untuk produk yang dibangun," ujar dia.

Apalagi, tutur Vladyslav Tsypljak, saat ini, hampir semua komunikasi dilakukan secara online. Menurutnya, melakukan aktivitas PR melalui media sosial akan sangat membantu developer untuk membuat produknya diketahui oleh pasar yang lebih luas, baik secara lokal maupun global.

"Membuat e-mail marketing juga dapat membantu, namun perlu dilakukan personalisasi agar tidak dilihat sebagai spam. Developer lokal perlu untuk membuat game mereka menonjol di antara banyaknya game serupa agar mendapatkan perhatian dari pasar yang lebih luas," tutur Vladyslav.


Editor : Agus Warsudi

Halaman Selanjutnya
Halaman :
1 2
BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network