Indonesia menang 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Skuad Garuda melaju ke final usai unggul agregat 5-3. (Foto: AFF)
Dimas Wahyu Indrajaya

KUALA LUMPUR, iNews.id - Fans sepak bola Malaysia melontarkan provokasi seusai Timnas Indonesia memastikan diri ke final Piala AFF 2020. Menurut mereka skuad Garuda beruntung diuntungkan wasit saat melawan Singapura.

Timnas Indonesia melawan Singapura dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion National, Sabtu (25/12/2021). Evan Dimas dkk menang dramatis dengan skor 4-2 dan agregat 5-3.

Laga yang menguras emosi dan tenaga bagi kedua kubu. Khusus untuk Singapura, mereka sampai harus bermain dengan 8 orang karena tiga pemainnya dikartumerahkan wasit Kassem Matar Elhatmy.

Meski Singapura bermain kekurangan orang, Indonesia kesulitan membobol gawang The Lions. Hal ini pun menjadi bahan sindiran fans sepak bola Malaysia.

Akun Instagram bernama @malayantiger.co menyebut Singapura gagal ke final karena keputusan wasit Kassem Matar yang membuat tiga pemain diusir dari lapangan. Mereka juga secara tidak langsung menyebut Indonesia diuntungkan wasit asal Oman tersebut. 

"Singapura gagal ke final setelah menjadi mangsa pengadil (wasit). Singapura beraksi dengan 8 pemain menentang 12 pemain pasukan lawan," kata @malayantiger.co.

Diharapkan ucapan fans sepak bola Malaysia ini tidak memancing amarah fans sepak bola nasional. Karena yang terpenting Timnas Indonesia bisa melaju ke final Piala AFF 2020.

Final kali ini merupakan yang keenam bagi Indonesia. Adapun tim merah-putih belum pernah menjuarai Piala AFF dalam lima kali kesempatan.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya