Relawan Mak Ganjar Sumedang bersama ribuan emak-emak menyuarakan Ganjar Presiden 2024. (FOTO: ISTIMEWA)
Agus Warsudi

SUMEDANG, iNews.id - Sejumlah program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang digulirkan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah (Jateng), seperti Kredit Lapak, membuat emak-emak di Kabupaten Sumedang kepincut (terpikat). Emak-emak yang tergabung dalam Relawan Mak Ganjar Sumedang memberikan apresiasi dengan menyuarakan Ganjar Presiden 2024.

Mereka menilai, Kredit Lapak adalah solusi atas keresahan ibu-ibu, khususnya bagi pejuang ekonomi keluarga yang berdagang dan mempunyai usaha kecil. 

Lewat Kredit Lapak, Relawan Mak Ganjar menilai, kepedulian Ganjar Pranowo terhadap pengembangan ekonomi rumah tangga melalui kegiatan emak-emak sangat besar. 

Ribuan anggota Relawan Mak Ganjar di Kabupaten Sumedang menggelar doa bersama agar Indonesia dipimpin oleh sosok yang tepat pada 2024, yakni Ganjar Pranowo. 

"Pak Ganjar sangat peduli kepada emak-emak. Terbukti hari ini Pak Ganjar mengeluarkan program Kredit Lapak khusus buat emak-emak," kata Koordinator Relawan Mak Ganjar Sumedang Apriliyanti di Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Kamis (15/9/2022). 

Apriliyanti menyatakan, program Kredit Lapak pertama kali diluncurkan Ganjar pada 2021. Dengan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bank Jateng, Ganjar memberikan plafon kredit kepada ibu-ibu sebesar maksimal Rp 2 juta dengan suku bunga rendah, yakni dua persen per tahun. 

Awalnya, ujar Apriliyanti, program Kredit Lapak adalah terobosan Ganjar untuk membantu pedagang ibu-ibu agar bangkit pasca-pandemi. Beberapa waktu lalu, Ganjar melakukan re-launching program ini untuk merespons penyesuaian harga BBM bersubsidi. 

"Ganjar Pranowo kemudian menaikkan plafon kredit ibu-ibu menjadi maksimal Rp25 juta dengan suku bunga yang sama," ujar Apriliyanti.

Ketua Mak Ganjar Sumedang menuturkan, Ganjar Pranowo menyandingkan Kredit Lapak dengan program Kredit Mitra Jateng 25 khusus pelaku UMKM. Kredit Mitra Jateng 25 yang sebelumnya punya suku bunga 7 persen, kini Ganjar turunkan menjadi 3 persen dengan plafon kredit Rp25 juta. 

"Makanya, dengan program Pak Ganjar ini sendiri sangat terlihat bahwa beliau sangat mengutamakan kemandirian ibu-ibu, terutama untuk meningkatkan ekonomi ibu-ibu," tutur Ketua Mak Ganjar Sumedang. 

Apriliyanti menilai Ganjar adalah sosok pemimpin humoris dan humanis. Selain itu, Ganjar sangat tulus kepada masyarakatnya. Hal itu terlihat saat Ganjar berinteraksi langsung dengan masyarakat. 

"Pak Ganjar itu humoris, humanis, kemudian peduli terhadap emak-emak. Saya lihat profil Pak Ganjar dan momen Pak Ganjar bersama ibu-ibu juga sangat luar biasa. Pak Ganjar itu tulus untuk membantu, berbicara, bercanda, atau sekadar berguyon bersama masyarakat dan emak-emak," ucapnya. 

Ada banyak harapan emak-emak di Sumedang kepada figur Ganjar Pranowo. Pemberdayaan ekonomi menjadi harapan utama mereka. "Harapannya Pak Ganjar terus memiliki program yang mendukung emak-emak. Bagaimanapun emak-emak itu salah satu pendorong perekonomian bangsa. Apalagi hari ini program Pak Ganjar mendorong emak-emak agar terus kreatif dan inovatif," ujarnya. 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT