Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Foto: iNews/ Billy)
Arif Budianto

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyiapkan sejumlah strategi untuk pembangunan ekonomi 2023. Ini merupakan upaya pemkot memulihkan perekonomian Kota Bandung yang terdampak pandemi Covid-19.

"Pemulihan di bidang ekonomi pascapandemi Covid-19 menjadi perhatian Pemkot, mengingat laju pertumbuhan ekonomi di akhir 2020 tercatat kontraksi -2,28 persen. Alhamdulillah kami kembali bangkit di angka 3,76 persen pada 2021," kata pelaksana tugas (plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

Menurut Yana Mulyana, perekonomian yang tumbuh 3,76 persen itu masih menyisakan berbagai masalah. Seperti pengangguran terbuka yang mencapai angka 11,46 persen dan kemiskinan meningkat 4,37 persen pada 2021 berdasarkan data BPS 2022," ujarnya.

Karena itu, plt Wali Kota Bandug memastikan, pemkot akan terus mendorong peningkatan kesempatan kerja, daya beli masyarakat, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Sudah menjadi ketegasan bahwa pemulihan ekonomi merupakan prioritas utama. Sehingga tetap bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat serta kemudahan dalam berusaha dan beraktifitas," tutur plt Wali Kota Bandung.

Yana Mulyana berharap, output akhir perencanaan pembangunan tahunan RKPD Kota Bandung tahun 2023 mendatang bersifat aspiratif, partisipatif, akomodatif sehingga menjadi pengharapan seluruh masyarakat Kota Bandung.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT