Penyandang disabilitas di Panti Sosial Rehabilitas Dinsos Jabar sedang membatik. (Foto: iNews/YUWONO WAHYU)
Yuwono Wahyu

CIMAHI, iNews.id - Para penyandang disabilitas di Panti Sosial Rehabilitasi Dinas Sosial (Dinsos) Jabar mendapatkan bantuan peralatan untuk berkarya dan mengembangkan minat serta bakat mereka, Senin (11/10/2021). Peralatan itu bantuan dari PT PLN (Persero).

Untuk diketahui, Panti Sosial Rehabilitasi Dinsos Jabar di Kota Cimahi, setiap tahun menampung 100 penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Mereka tinggal di asrama selama 8 bulan untuk mendapat berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan. Sehingga mereka diharapkan lebih mandiri.

Panti sosial ini memberikan pelatihan untuk mengembangkan minat dan bakat para difabel, dari montir, memijat, furnitur, mengasah batu mulia, kerajinan tangan, membatik, elektro, hingga memasak.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengatakan, penyandang disabilitas merupakan kelompok rentan. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka kerap menghadapi kesulitan dalam melakukan aktivitas karena keterbatasan peralatan. 

"Mereka ingin mandiri butuh keterampilan. Karena itu, PT PLN memberikan peralatan guna mendukung penyandang disabilitas mengembangkan minat dan bakat," kata Bob Saril.

Selain itu, ujar Bob Saril, PT PLN pun sudah mempekerjakan difabel atau different ability. Bahkan PT PLN akan membantu pemasaran karya para difabel. "Di PLN, sudah ada satu persen difabel yang menjadi karyawan," ujarnya.

PT PLN juga memberikan alat bantu bagi penyandang disabilitas dalam beraktivitas. Antara lain, berbagai jenis kursi roda yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, alat bantu dengar, tongkat, dan lain-lain.

Sementara itu, Agung, penyandang disabilitas mengatakan, senang mendapatkan bantuan kursi roda dari PLN. Tak hanya itu, PLN juga memberikan peralatan membatik. "Saya ikut pelatihan membatik selama empat bulan. Senang ada bantuan peralatan membatik dari PLN," kata Agung.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT