Semangat Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2021 bertema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju, diharapkan menjadi pendorong bagi masyarakat dalam membangun gerakan konsumen cerdas. Selain itu, memperkuat upaya perlindungan konsumen yang dilakukan pemerintah demi percepatan pemulihan ekonomi bangsa.
Semangat Harkonas juga diharapkan menjadi momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri.
Sosialisasi Si Enda
Maskot konsumen berdaya Si Enda yang diusung Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) membagikan masker kepada warga di pasar tradisional dan modern.
Kegiatan ini bentuk sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di masa PPKM untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Pembagian masker ini adalah salah satu bentuk ajakan dan mengingatkan para konsumen yang sedang berbelanja di pasar agar tetap menaati prokes.
Selain itu, juga diberikan informasi lewat slogan penyemangat agar konsumen Indonesia cerdas dan kritis di masa pandemi. Pembagian masker oleh Si Enda itu dilakukan di Pasar Modern BSD City pada 25 Agustus 2021, Pasar Jaya Kramat Jati pada 25 Agustus 2021, Pasar Jatinegara pada 2 September 2021.
Kemudian, di Pasar Pucung Raya Depok pada 26 Agustus 2021; Pasar Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat 31 Agustus 2021 dan Pasar Bendungan Hilir pada 6 September 2021. Di wilayah Jakarta Selatan, Pasar Tebet Barat pada 31 Agustus 2021, Pasar PSPT Tebet Timur pada 8 September 2021.
Editor : Agus Warsudi
pasar tradisional pasar tradisional bandung protokol kesehatan razia protokol kesehatan pemulihan ekonomi tim pemulihan ekonomi akibat pandemi dampak pandemi covid-19 pandemi Covid-19 puncak pandemi covid-19
Artikel Terkait