Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum melantik Cheka Virgowansyah sebagai Pj Wali Kota Tasikmalaya di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (14/11/2022).
Agung Bakti Sarasa

BANDUNG, iNews.id - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil, secara resmi melantik Cheka Virgowansyah menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (14/11/2022). Cheka merupakan Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Cheka menggantikan kepemimpinan Wali Kota Tasikmalaya, HM Yusuf yang purnatugas, 14 November 2022 lalu berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian Nomor 100.2.1.3-6113 tahun 2002 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Tasikmalaya tertanggal 7 November 2022.

Seusai pelantikan, Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menegaskan bahwa penunjukkan Cheka sebagai Pj Wali Kota Tasikmalaya sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Penegasan tersebut disampaikan Uu mengingat Cheka bukanlah orang yang direkomendasikan Ridwan Kamil untuk menempati jabatan Pj Tasikmalaya.

Diketahui, Ridwan Kamil sebelumnya merekomendasikan tiga nama calon Pj Wali Kota Tasikmalaya, yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar Dedi Taufik, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Ba kesbangpol) Iip Hidajat, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmayaka Ivan Dicksan.

"Pak Gubernur tidak ada tendensius apa-apa karena siapa pun yang ditugaskan oleh pemerintah di Kota Tasikmalaya adalah itu orang yang memiliki kemampuan, orang yang memiliki tujuan yang baik," kata Uu. 

Oleh karenanya, Uu pun berharap, masyarakat tidak mempersoalkan penunjukan Cheka Virgowansyah sebagai Pj Wali Kota Tasikmalaya. 

"Harapan kami kepada wali kota baru, bangun komunikasi yang baik. Program-programnya linear dengan visi-misi Jabar lahir batin dan digitalisasi inovasi," kata Uu. 


Uu juga berpesan agar Cheka mengoptimalkan kepemimpinannya dalam menghadapi tahun politik 2024 mendatang. Uu yakin, Cheka dapat bersikap netral karena bukan berasal dari partai politik. 

"Salah satu tugasnya mempersiapkan pemilu legislatif dan juga pemilihan eksekutif maka saya berharap harus mampu melaksanakan tahapan-tahapan yang sudah disepakati bersama yang di putuskan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum)," kata Uu. 

Sementara itu, Cheka Virgowansyah menyatakan, seusai dilantik, dirinya akan berkordinasi dengan seluruh pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Cheka pun meyakinkan bahwa dirinya melaksanakan semua pesan yang disampaikan Wagub Jabar. 

"Saya seorang pejabat, saya akan mendengar apa permasalahan yang muncul di masyarakat dan pelajari teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan pejabat terkait," katanya. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT