Rumah milik Ali Imron (45) warga Kampung Nangewer RT02 RW 09, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, terbakar hebat. (Foto: iNews.id/Fani Ferdiansyah)
fani ferdiansyah

GARUT, iNews.id - Sebuah rumah di pinggir salah satu jalan raya Kabupaten Garut, ludes terbakar. Rumah tersebut berlokasi di Kampung Nangewer RT02 RW 09, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. 

Aparat kepolisian Polsek Cilawu mengungkap jika rumah yang terbakar ini merupakan bangunan dua lantai berukuran 5x5 meter persegi. Rumah tersebut merupakan milik Ali Imron (45), seorang warga yang sehari-hari bekerja sebagai buruh. 

"Kejadian tadi pagi sekira pukul 07.15 WIB di Kampung Nangewer, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu," kata Kepala Polsek Cilawu AKP Moh Duhri, Senin (26/9/2022). 

Dia menduga kebakaran disebabkan oleh korsleting arus listrik. Peristiwa kebakaran mulanya diketahui oleh istri Ali Imron bernama Rita. 

"Ketika Rita membuka pintu rumah, api sudah menyala di dalam. Kondisinya sudah membakar dinding yang terbuat dari bilik bambu," ujarnya. 

Api kemudian membesar dan membakar seluruh rumah beserta isi dan perabotannya. Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut kemudian mengerahkan mobil pemadam untuk menjinakan api. 

"Api berhasil dipadamkan oleh pemadam yang dibantu warga," ucapnya. 

Kapolsek Cilawu memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun demikian, pemilik rumah menderita kerugian materi sebesar Rp75 juta. 


Dalam video yang beredar, tampak kobaran api turut membakar pohon di dekatnya. Kebakaran juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. 

Aas Ahmad Syafei, ketua BPD Desa Cibiuk Kidul, Kecamatan Cibiuk, mengungkapkan kebakaran yang terjadi di wilayahnya itu juga terjadi akibat korsleting arus listrik. Rumah semi permanen milik warga ludes dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIB tersebut. 

"Rumah yang terbakar ini milik Tatan (48). Kerugian materi dalam kebakaran ini mencapai Rp150 juta, karena seluruh barang tidak dapat diselamatkan," ujar Aas. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT