Nedeljka Mileusnic, seorang Youtuber cantik asal Siberia, Rusia, jauh-jauh belajar pencak silat ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Foto: Wisnu Yusep)
Wisnu Yusep

KUNINGAN, iNews.id – Saking cintanya kepada budaya Indonesia, khususnya seni bela diri pencak silat, seorang Youtuber cantik asal Siberia, Rusia, jauh-jauh berguru ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dia ingin seperti aktor Iko Uwais dan Joe Taslim.

Bule cantik bernama Nedeljka Mileusnic yang kini mendapat sapaan akrab Ceu Nena itu, mengaku jatuh cinta dengan budaya Indonesia khususnya seni bela diri.

Karenanya, dia rela terbang jauh dari Siberia, Rusia ke Kuningan, Jawa Barat untuk belajar pencak silat kepada gurunya Deni Dadawuk, pelatih pencak silat Pagar Nusa.

"Couse they very cool (karena mereka, Iko Uwais dan Joe Taslim, sangat keren). Saya suka dengan mereka. Sangat keren dan memang tampan. Saya ingin belajar tentang pencak silat," kata perempuan berumur 27 tahun ini ditemui di Kelurahan Winduhaji, Selasa (17/8).

Keinginannya untuk memperlajari seni beladiri khususnya pencak silat semakin kuat setelah Ceu Nena bertemu dengan pelatih Pagar Nusa Deni Dadawuk yang memperlihatkan cara menggunakan senjata trisula dan karimbit asal Sumatera Barat.

"Wah! Ini trisula beli di mana. Saya ingin belajar. Bagaimana caranya agar saya bisa sehebat Joe Taslim," kata Ceu Nena, yang diterjemahkan oleh timnya.

Mang Dadawuk mengatakan, untuk menjadi pesilat yang andal dibutuhkan konsentrasi dan juga menguasai tekhnik dasar terlebih dahulu. "Dalam pencak silat ada teknik dasarnya, yaitu tangkis pukul. Itu harus dipelajari. Dalam tiga kali latihan, insya Allah, bila fokus bisa segera dikuasai," kata Mang Dadawuk.

Untuk membuktikan keseriusannya terhadap seni beladiri pecaksilat, Youtuber asal Rusia ini pun ikut beraksi di HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya itu Ceu Nena pun ikut berjalan di atas beling bersama pendekar Pagar Nusa lainnya. 

"Keren nih ada orang Bule, ikutan silat, terus ikutan debus juga. Saya jadi terharu," ujar Dany salah seorang warga Kelurahan Kuningan.

Selain trisula, dan karimbit, rupanya Ceu Nena pun belajar menggunakan senjata tradisional lainnya, yakni keris. Di akhir acara Ceu Nena berharap Indonesia bisa meraih juara olimpiade di cabang olahraga pencaksilat. 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT