Proses pencarian ABK yang hilang terus dilakukan dengan menyisir Perairan Ujung Gebang, Kabupaten Indramayu. (Foto: Istimewa)
Asep Supiandi

INDRAMAYU, iNews.id - Tim SAR gabungan mulai melanjutkan pencarian seorang anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Harmony Jaya yang terjatuh di Perairan Ujung Gebang Kabupaten Indramayu, pada Jumat (18/11/2022) lalu. Operasi pencarian akan difokuskan dengan menyisir sekitar TKP menuju ke PLTU Indramayu seluas 22,1 kilometer.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril, menyebutkan, dalam operasi pencarian ini menggunakan satu LCR Basarnas, satu LCR ERT dan dua kapal Speed Polair Polda Jabar. 

"Di hari kedua ini tim akan melakukan pencarian dengan melakukan penyisiran di sekitaran LKP (Last Known Position) seluas 11,4 Nautical mile atau sekitar 22,1 kilometer," kata Jumaril, Minggu (20/11/2022).

Adapun ABK yang terjatuh tersebut bernama Saldi (35) Warga Blok Sukagumiwang kidul RT 005/003 Desa Sukagumiwamg, Kabuaten Indramayu.


Sebelumnya, petugas siaga operator Komunikasi Kantor SAR Bandung menerima informasi dari Nakhoda KM Harmony Jaya atas nama Komar bahwa salah satu ABK terjatuh di Perairan Ujunggebang, Kabupaten Indramayu. Ketika itu sempat berusaha dilakukan pertolongan, namun arus begitu kuat sehingga Saldi tak tertolong. 

Menerima informasi tersebut, petugas siaga langsung melakukan koordinasi dengan Lanal Cirebon, Ditpolair Polda Jabar, VTS Tanjung Priok dan VTS Cirebon untuk melaksanakan pemapelan atau pemberitahuan kepada kapal kapal yang melintas di area lokasi kejadian untuk memberikan informasi dan melakukan pertolongan jika memungkinkan. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT