Bahu jalan longsor dan menimpa rumah warga yang berada di bawahnya. (Foto: iNews.id/Miftahudin)
Miftahudin

KUNINGAN, iNews.id - Bahu jalan provinsi di Dusun Calingcing, Desa Cileuya, Kecamatan Cimahi, Kuningan, longsor dan menimpa rumah di bawahnya. Peristiwa itu terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras selama berjam-jam. 

Akibat terkena longsoran, rumah mengalami kerusakan cukup parah. Bagian dapur jebol serta banyak perabotan rumah tangga rusak.

Longsoran dari bahu jalan itu membentuk sebuah jurang yang menganga sepanjang 10 meter dan kedalaman 7 meter. Selain itu, longsoran ini pun berpotensi meluas dan bisa memutus jalan Luragung Cibingbin. Ditambah sebuah tiang PLN yang sewaktu-waktu ambruk lantaran bagian bawa telah tergerus.

"Kejadiannya kemarin sekitar pukul enam setelah beberapa jam sebelumnya hujan turun cukup deras," kata pemilik rumah, Didi Rusmiyadi, Senin (27/6/2022). 

Sementara itu aparat desa setempat langsung melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk menanggulangi korban longsor dan mengantisipasi lonsor susulan.

"Untuk penanganan saat ini dilakukan secara gotong-royong dan selanjutnya kita koordinasikan dengan pihak terkait," ujar Kepala Dusun Cilngcing. 

Warga berharap, pascalongsor ada bantuan dari pemerintah untuk perbaikan dapur rumah yang rusak. Selain dilakukan perbaikan tebing dari jalan yang longsor.


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT