Ratusan ribu batang rokok ilegal disita Bea Cukai Bandung. Dua pengedar rokok ilegal itu diamankan. (FOTO: iNews/DICKY WISMARA)
Dicky Wismara

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 576.640 batang rokok ilegal dan dua pengedarnya diamankan petugas Bea Cukai Bandung. Barang bukti dan dua pengedar yang diamankan itu merupakan hasil operasi yang digelar Bea Cukai Bandung di wilayah Bandung Raya, beberapa waktu lalu.

"Sebanyak 576.640 rokok ilegal dan dua tersangka pengedar diamankan oleh Bea Cukai Bandung dan Satpol PP di wilayah Bandung Raya, Ratusan ribu batang rokok ilegal ini jika diuangkan mencapai Rp670 juta. Lantaran ilegal, negara mengalami kerugian Rp370 juta," kata Kepala Bea Cukai Bandung Budi Santoso saat konferensi pers, Selasa (15/11/2022).

Pengungkapan itu, ujar Budi Santoto, merupakan hasil dari pengembangan informasi tentang peredaran rokok ilegal yang marak terjadi di Kabupaten Bandung.

"Petugas merazia delapan tempat kejadian perkara. Kami mendapati, rokok ilegal itu diidentifikasi diproduksi di luar Jawa Barat," ujar Budi Santoso.

Namun, tutur Kepala Bea Cukai Bandung, petugas belum mengetahui pabrik rokok ilegal tersebut. Di kemasan rokok tidak dicantumkan alamat pabrik rokok iu. Selain itu, para pengedar membeli rokok ilegal dengan sistem jual lepas. Setelah itu, menjual kembali ke pedagang. 

"Fakta ini menjadi kendala bea cukai untuk mengungkap kasus peredaran rokok ilegal hingga ke akar-akarnya," tutur Kepala Bea Cukai Bandung.

Kantor Bea Cukai Bandung, kata Budi Santoso akan menggencarkan langkah antisipasi dan penagakan hukum terhadap peredaran rokok ilegal. Terutama menjelang harga cukai rokok yang akan naik pada tahun depan. "(Diprediksi, seiiring kenaikan tarif cukai rokok) perdaran rokok ilegal akan meningkat," ucapnya..


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT