Anggota TNI dan Polri mengevakuasi seorang lansia dari rumahnya di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, yang terendam banjir. (Foto: iNews.id/Yudy Heryawan Juanda)
Yudy Heryawan Juanda

SUBANG, iNews.id - Empat sungai di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, meluap lalu merendam ratusan rumah di tiga desa, Jumat (2/12/2022). Sejumlah kepala keluarga terpaksa mengungsi ke musala terdekat lantaran tingginya air di dalam rumah.

Banjir terjadi sejak pagi sesaat setelah hujan yang mengguyur cukup deras di wilayah itu. Tingginya intensitas hujan mengakibatkan Sungai Ciawisan, Sungai Ciderwak, Sungai Citamiang dan Sungai Cilamaya, meluap secara bersamaan. 

Luapannya pun langsung merendam tiga desa, yakni Desa Pabuaran, Desa Siluman dan Desa Salamjaya. Karena lokasi ketiga desa itu sangat dekat dengan aliran dari keempat sungai tersebut.

"Banjir cukup parah, sebelumnya tidak pernah seperti ini. Kami pun sekeluarga mengungsi di musala," kata Retnawati, korban banjir.

Ketinggian banjir di tiga desa tersebut bervariasi, dari 50 sentimeter hingga 1 meter. Akibatnya rumah dan perabotan ikut terendam air. Beberapa warga berusaha menyelamatkan barang-barang untuk menghindari kerusakan, seperti peralatan elektronik dan dokumen penting.

"Banjir telah merendam 650 rumah yang ada di tiga desa. Kerugian cukup besar bisa mencapai miliaran rupiah," kata Camat Pabuaran, Ubi Kartubi.

Menurutnya, kerugian terbesar terjadi pada areal sawah serta kolam ikan milik warga. Bahkan, kerusakan cukup parah terjadi pada kolam ikan. Semua ikan yang diternak di kolam-kolam besar hilang terbawa arus banjir.


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT