Ilustrasi pertumbuhan UMKM. (Foto: Ist)

Selanjutnya, pelaku UMKM akan menekan inventori serta mendorong permintaan agar dapat menarik konsumen. Walau tak ditampik, pelaku UMKM juga lebih was-was dalam hal menyetok barang.

"Mereka banyak bilang 'ayo kita push dulu untuk penjualan', karena memang sekarang lagi masa recovery, ekonomi kita ngeluarin cash lagi itu lebih mindful," katanya.

Ketiga, bisnis akan menjadi lebih terfokus pada data (data driven). Para pelaku UMKM ini, lanjutnya, akan mudah beradaptasi dengan keadaan, karena memang banyak sekali ketidakpastian di masa pandemi ini.

"Maka dari itu UMKM harus mudah beradaptasi dan juga berpaku pada data. Ini kita mau membantu UMKM untuk melihat tantangan-tantangan ini, dari sini kita bantu mereka, dari segi manufaktur, digital, pengadaan," ucapnya.


Editor : Berli Zulkanedi

Sebelumnya
Halaman :
1 2

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network