Tips mengelola
Setiap mitra yang franchise Tomoro Coffee wajib mengikuti ketentuan konsep dan kebijakan outlet dari pusat. Itulah mengapa, sebenarnya mengelola bisnis ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menemukan karyawan yang tepat, dalam artian disiplin, jujur, dan terbuka. Selain itu, cobalah pasang CCTV dan implementasikan teknologi canggih untuk mengatur keuangan bisnis.
2. Susu Mbok Darmi
Susu Mbok Darmi adalah brand yang dibangun oleh alumni Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Dhony Pratama bersama rekan-rekan kampusnya. Sejak 2013, dia menjual produk susu ini di kantin Fapet hingga berangsur-angsur mulai berpindah ke pusat perbelanjaan. Ia mengaku bahwa susunya berasal dari wilayah Gunung Sindur, Sentul, serta Puncak Gunung Salak Bogor.
Modal yang dibutuhkan
Susu Mbok Darmi sebenarnya sudah mengumumkan soal penutupan kesempatan franchise karena jumlah cabangnya cukup banyak. Namun, bagi Anda yang masih ingin mengetahui biaya atau modal untuk melakukan kerja sama waralaba ini, silakan hubungi tim manajemen Susu Mbok Darmi melalui akun Instagram @susu_mbokdarmi.
Kelebihan dan Kekurangan
Meski kemurniannya masih terjaga, tapi varian rasa yang ditawarkan brand ini cukup beragam, lho! Setidaknya, sudah ada 15 varian rasa Susu Mbok Darmi yang dapat Anda jual. Namun, saat berjualan jenis usaha seperti ini, Anda juga harus mendistribusikannya secepat mungkin karena susu punya umur simpan yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis minuman lain.
Tips mengelola
Mengelola usaha susu murni memang lebih tricky daripada ketika Anda berjualan minuman berpengawet. Anda harus punya konsumen tetap yang akan membeli produk dari tempat Anda sehingga ada kepastian setiap hari atau bulannya. Pastikan juga Anda punya peralatan dagang yang mendukung, seperti kulkas atau chiller, untuk menyimpan produk susu agar tahan lama.
Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait