Satu dari tiga bayi kembar yang dirawat di Ruang NICU RSUD Indramayu. (FOTO: ANDRIAN SUPENDI)
Andrian Supendi

INDRAMAYU, iNews.id - Suminah (34), seorang ibu, warga Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, telah melahirkan tiga bayi kembar. Kelahiran tiga bayi kembar ini dilakukan melalui operasi caesar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu pada Sabtu 11 Juni 2022 lalu.

Direktur RSUD Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan, saat ini ketiga bayi tersebut masih dalam perawatan di Ruangan Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

"Ketiga bayi ini belum dimungkinkan untuk pulang karena melihat kondisi yang ada dan berat badannya juga kurang. Jadi masih dalam tahap pengawasan tim medis," kata Direktur RSUD Indramayu kepada MNC Portal Indonesia (MPI) di ruang kerjanya, Selasa (21/6/2022).

Deden Bonni Koswara menyatakan, untuk ibu bayi sendiri sudah dalam kondisi sehat dan telah dipulangkan sejak tanggal 14 Juni 2022 lalu. "Untuk kondisi ibunya alhamdulillah sehat dan sudah dipulangkan, hanya bayinya saja yang masih kami rawat," ujarnya.

Informasi yang diterima menyebutkan, kronologi persalinan tiga bayi kembar itu berawal pada Sabtu 11 Juni 2022 lalu saat petugas RSUD Indramayu menerima pasien bernama Suminah yang datang dalam keadaan hamil besar dengan usia kehamilan 38 minggu. 

Namun saat diperiksa dan menjalani USG, diketahui dalam kandungan ibu tersebut ada bayi kembar dengan posisi melintang. Berdasarkan hasil USG itu, pihak RSUD Indramayu pun segera melakukan tindakan operasi caesar. 

Bayi pertama berhasil dilahirkan pada pukul 00.43 WIB dengan berat 1.250 gram, disusul bayi kedua pada pukul 00.44 WIB dengan berat 1.400 gram, dan bayi ketiga lahir pada pukul 00.45 WIB dengan berat 1.350 gram.

Setelah dilakukan perawatan secara intensif, kondisi dua bayi sudah berangsur membaik. Hanya tinggal satu bayi yang kondisinya masih lemah.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT