Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar memimpin deklarasi eks anggota Khilafatul Muslimin kembali setia kepada NKRI dan Pancasila. (FOTO: HUMAS POLDA JABAR)
Agus Warsudi

CIREBON, iNews.id - Sebanyak 15 orang keluar dari kelompok Khilafatul Muslimin Kota Cirebon sekaligus mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengakui Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa, Selasa (12/7/2022). Ikrar eks anggota Khilafatul Muslimin itu berlangsung di Aula Sanika Satyawada Polres Cirebon Kota.

"Berawal dari video konvoi Khilafatul Muslimin yang viral di media sosial, kami langsung mencari tahu keberadaan kelompok tersebut di wilayah hukum Polres Cirebon Kota," kata Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar AKBP M Fahri Siregar.

Alumni Akpol 2002 ini menyatakan, hasil penelusuran, ditemukan 15 anggota kelompok Khilafatul Muslimin di Kota Cirebon. Setelah didata, kami melakukan pembinaan kepada anggota Khilafatul Muslimin itu agar kembali dan setia kepada NKRI. "Akhirnya, mereka mau melakukan deklarasi pada hari ini," ujar AKBP M Fahri Siregar.

Pembacaan deklarasi sumpah setia kepada NKRI dan Pancasila, tutur Kapolres Cirebon Kota, disaksikan oleh semua unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Cirebon.

"Eks anggota kelompok itu mengakui Pancasila sebagai ideologi dan setia kepada NKRI. Mereka setia kepada NKRI dan Pancasila sebagai ideologi setelah ada pembinaan dari Pemkot Cirebon, TNI, Polri, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon," tutur Kapolres CIrebon Kota.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, apabila masyarakat bisa mendalami makna lima sila dalam Pancasila,  tentu mereka akan setia dengan  NKRI. "Kami berharap eks anggota Khilafatul Muslimin Kota Cirebon dapat kembali mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Kabid Humas Polda Jabar.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT