Video Mengintip Kemegahan Masjid Kubah Emas, Ikon Wisata Religi di Depok

Siska Permata Sari, Ifaldi Musyadat ยท Sabtu, 09 April 2022 - 10:18:00 WIB

DEPOK, iNews.id - Warga Kota Depok tentu tidak asing lagi dengan Masjid Dian Al-Mahri atau terkenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Sesuai dengan namanya, masjid ini mempunyai keunikan dan kemewahan dari kubah-kubahnya yang dilapisi oleh emas. Terletak di Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat, masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi salah satu ikon populer untuk wisata religi.

Untuk arsitekturnya, Masjid Kubah Emas terinspirasi gaya bangunan masjid di Timur Tengah, seperti Masjid Nabawi, Masjid Al-Aqsa, dan Masjidil Haram. Kubah di masjid ini dilapisi emas 18 karat yang dilebur dan dilapisi kaca sehingga berbentuk seperti mozaik. 5 kubah yang dilapisi emas melambangkan rukun islam, kemudian ada 6 menara yang melambangkan rukun iman.

Sementara itu di bawah kaki kubah utama, terdapat 33 jendela bertuliskan kaligrafi dengan nama-nama Allah. Berbeda dengan tahun-tahun saat pandemi, kali ini banyak kegiatan yang diselenggarakan di Masjid Kubah Emas, seperti melaksanakan salat tarawih, tadarusan hingga iktikaf di bulan Ramadhan.

Bagikan Artikel: