Wow, Patrialis Akbar Eks Hakim MK Dapat Remisi 3 Bulan HUT RI, Tertinggi bagi Napi Tipikor

Agus Warsudi ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:43:00 WIB
Wow, Patrialis Akbar Eks Hakim MK Dapat Remisi 3 Bulan HUT RI, Tertinggi bagi Napi Tipikor
Patrialis Akbar, eks hakim MK, napi tipikor yang mendapatkan remisi maksimal 3 bulan. (FOTO: SINDONews)

BANDUNG, iNews.id - Narapidana atau napi tindak pidana korupsi (tipikor) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin yang mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman sebanyak 124 orang atau 40 persen dari total 362 orang. Patrialis Akbrar, eks hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendapatkan remisi 3 bulan atau tertinggi bagi napi tipikor.

Sedangkan napi tipikor Setya Novanto atau Setnov dan Dada Rosda tidak mendapatkan remisi. Saat ini, pihak Lapas Sukamiskin tengah mengupayakan agar Dada Rosada, mantan Wali Kota Bandung itu mendapatkan remisi.

Diketahui, Patrialis Akbar, merupakan mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Patrialis Akbar divonis 8 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Senin (4/9/2017). Patrialis juga diwajibkan membayar denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan. 

Selain itu, majelis hakim menjatuhkan hukuman tambahan berupa uang pengganti. Patrialis diwajibkan membayar uang pengganti Rp10.000 dollar AS dan Rp4.043.000 atau sama dengan jumlah suap yang dia terima.

Terpidana Patrialis Akbar dihukum karena terbukti menerima suap 50.000 Dolar AS terkait penanganan perkara judicial review UU No 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan di MK.

"Remisi itu satu sampai enam bulan. Maksimal enam bulan. Remisi enam bulan hanya untuk pidana umum, khusus untuk tipikor, maksimal tiga bulan," kata Kepala Lapas Sukamiskin Elly Yuzar kepada wartawan di Lapas Sukamiskin Bandung, Jalan AH Nasution, Rabu (17/8/2022). 

Napi di Lapas Sukamiskin, ujar Elly Yuzar, tidak hanya dihuni napi tipikor. Tetapi juga napi tindak pidana umum (tipidum) mendekam dan dibina di lapas bersejarah di Indonesia itu.

"(Setnov) belum dapat remisi. Pak Dada Rosada sedang dalam pengusulan. Dalam proses. Patrialis Akbar dapat (remisi) tiga bulan," ujar Elly Yuzar.

Diketahui, Kanwil Kemenkumham Jabar merilis sebanyak 15.768 napi se-Jabar mendapatkan remisi HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Dari 15.768 napi yang mendapatkan remisi, 388 di antaranya langsung bebas karena masa hukumannya telah habis. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar Sudjonggo mengatakan, remisi diberikan secara bertahap. "Sebanyak 15.768 napi Jabar yang mendapatkan remisi, terdiri atas khusus I dan khusus II. Setelah dapat remisi dan masih menjalani hukuman itu ada 15.380. Sedangkan 388 langsung bebas," kata Kakanwil Kemenkumham Jabar, Rabu (17/8/2022). 

Sudjonggo menyatakan, besaran pengurangan masa hukuman yang diberikan kepada 15.768 napi itu, beragam, satu bulan hingga enam bulan. Sseluruh warga binaan di Jabar diimbau tetap tabah dan sabar menjalani sisa masa hukuman di dalam lapas. 

"Tetap tabah, tidak ada yang mau berada di LP (lapas). Ikuti semua yang ada dan kegiatan di LP. Karena semua kegiatannya positif, jadi tetap bersabar dan berdoa," ujar Sudjonggo.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: