Waspadai Musim Hujan, BPBD Bersihkan Sungai Cipager Cirebon dari Eceng Gondok dan Sampah

Toiskandar ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 08:35 WIB
Waspadai Musim Hujan, BPBD Bersihkan Sungai Cipager Cirebon dari Eceng Gondok dan Sampah
Petugas BPBD membersihkan Sungai Cipager Cirebon yang ditumbuhi banyak eceng gondok. (Foto: iNews/Toiskandar).

CIREBON, iNews.id - Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon membersihkan Sungai Cipager yang dipenuhi eceng gondok dan sampah rumah tangga. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan air sungai.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman mengatakan, aksi ini sudah yang kedua kalinya. Petugas juga dibantu aparat TNI dan sejumlah komunitas pencinta lingkungan.

"Bila tidak dibersihkan, eceng gondok dan sampah-sampah ini akan jadi penyebab banjir ke permukiman warga," kata Eman di sela-sela pembersihan Sungai Cipager, Desa Batembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jabar, Sabtu (14/12/2019) pagi.

BACA JUGA: Solok Selatan Diterjang Banjir Bandang, 1.000 Rumah Terendam Air

Petugas mengangkut sekitar lima ton eceng gondok dan sampah masyarakat di perairan sungai. Memasuki musim penghujan, kegiatan bersih-bersih lingkungan harus lebih digalakkan lagi.

Masyarakat juga diimbau menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah ke sungai. Karena memasuki musim penghujan, daerah tersebut rawan terjadi banjir.

BACA JUGA: 4.830 Jiwa Terdampak Banjir, Pemkab Solok Selatan Tetapkan Status Tanggap Darurat

"Kalau banyak sampah, saat sungai meluap dan aliran sungai deras, nanti malah tidak bisa mengalir karena tertutup sampah. Nanti potensi banjir besar," ujar dia.

BPBD menurunkan lima unit perahu karet dan seluruh personel untuk kegiatan pembersihan sungai ini. Petugas menarik tanaman eceng gondok yang mengambang ke tepian sungai, lalu tumbuhan itu diangkut ke darat dan dibawa dengan menggunakan dump truk.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal