Wartawan Diduga Alami Kekerasan di Hari Buruh, Ini Klarifikasi Polisi

Agus Warsudi, Sindonews ยท Rabu, 01 Mei 2019 - 18:42:00 WIB
Wartawan Diduga Alami Kekerasan di Hari Buruh, Ini Klarifikasi Polisi
Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema. (Foto: Sindonews)

BANDUNG, iNews.id - Polisi memberikan klarifikasi terkait dugaan penganiayaan terhadap dua wartawan yang tengah meliput peringatan Hari Buruh atau May Day di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Kondisi tersebut terjadi karena kesalahpahaman antara petugas dan jurnalis.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema mengatakan, dugaan ada intimidasi dan penganiayaan terhadap dua wartawan, karena yang bersangkutan tidak memakai identitas.

"Mereka (wartawan) tidak menunjukan identitas. Jadi kami tidak tahu mana jurnalis dan mana yang bukan, karena mereka berpakaian hitam," kata Irman di Bandung, Jabar, Rabu (1/5/2019).

Sebelumnya ketika peristiwa itu terjadi, polisi memang sedang mengamankan kelompok remaja berpakaian hitam, terjadi keributan dan aksi kejar-kejaran.

Sementara itu, Ketua Tim III Prabu Polrestabes Bandung, Ipda Suyanto menegaskan, bukan anggotnya yang mengintimidasi dan menganiaya wartawan. Justru menolong kamera wartawan tersebut.

"Jadi justru saya yang tadi meminta anggota mengembalikan kamera dia (wartawan)," kata Suyanto.

Dugaan aksi kekerasan terhadap wartawan oleh pihak kepolisian mewarnai aksi Hari Buruh di Kota Bandung. Aparat diduga memukul dan menghapus foto wartawan yang melakukan peliputan.

Kedua wartawan tersebut, Prima Mulia dan Iqbal Kusumadireza sedang meliput aksi buruh di beberapa titik sekitar Gedung Sate. Saat tiba di Jalan Singaperbangsa, sekitar Dipatiukur, mereka melihat ada keributan antara polisi dengan massa berpakaian hitam.

Reza dan Prima mengaku melihat massa berbaju hitam tersebut dipukuli oleh polisi. Melihat kejadian tersebut, keduanya langsung membidikan kamera ke arah kejadian tersebut.

Setelah pindah lokasi untuk mengabadikan gambar yang lain, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi. Menurut Reza polisi tersebut dari satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: