Warga Panik akibat Korona, Pedagang Curang di Bogor Jual Hand Sanitizer dengan Harga 6 Kali Lipat

Wildan Hidayat ยท Senin, 09 Maret 2020 - 14:45 WIB
Warga Panik akibat Korona, Pedagang Curang di Bogor Jual Hand Sanitizer dengan Harga 6 Kali Lipat
Hand sanitizer yang ditimbun, Senin (9/3/2020) (Foto: iNews/Wildan Hidayat)

BOGOR, iNews.id - Jajaran Polres Bogor mengungkap penjualan masker tak sesuai standar dan menjual pencuci tangan atau hand sanitizer dengan harga sangat tinggi memanfaatkan virus korona. Ada empat orang oknum pedagang yang ditangkap.

Keempatnya berinisial MA sebagai penjual hand sanitizer, MF sebagai sopir penjual masker, DW sebagai marketing masker dan AW sebagai pemilik modal.

Polisi menemukan belasan ribu lembar masker tidak memenuhi syarat standar kesehatan yang merupakan produksi rumahan. Ada juga ratusan botol cairan hand sanitizer yang ditimbun oleh oknum tersebut di salah satu gudang penyimpanan di Cibinong, Bogor.

"Pelaku diamankan Jumat, 6 Maret di Stadion Pakansari," kata Kapolres Bogor AKBP Roland Rolandi, Senin (9/3/2020).

Roland mengatakan para pelaku menimbun hand sanitizer yang tadinya Rp20.000 dijual menjadi Rp120.000. Selain itu, ada masker yang diduga berasal dari masker bekas.

"Diduga ada penimbunan hand sanitizer," ucapnya.

Dari tangan para tersangka, disita barang bukti berupa 232 botol cairan pembersih tangan atau hand sanitizer ukuran 250 mili liter dengan 336 box atau 16.800 lembar masker standar kesehatan. Serta 950 lusin atau 11.400 makser lembar masker buatan rumahan yang tidak sesuai standar kesehatan yang disimpan dalam lima karung .

Keempat tersangka kini mendekam dalam tahanan sel Polres Bogor yang dijerat dengan Undang-Undang Perdagangan pasal 107 ayat 1 junto pasal 29 ayat 1 dengan ancaman hukuman lima tahun penjara atau denda Rp50 miliar.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq