Wali Kota Bandung Larang Warga Takbir Keliling saat Malam Menjelang Lebaran

Sindonews ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 17:55 WIB
Wali Kota Bandung Larang Warga Takbir Keliling saat Malam Menjelang Lebaran
Wali Kota Bandung Oded M Danial saat konferensi pers di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019). (Foto: iNews/Billy Maulana Finkran)

BANDUNG, iNews.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial melarang kegiatan takbir keliling pada malam menjelang Lebaran Idul Fitri. Sebab takbir keliling dilakukan menggunakan mobil bak terbuka atau truk dengan banyak orang.

"Wah, kalau takbir keliling saya mengimbau tidak boleh ada lah. Tidak boleh. Salat Id-nya saja dibatasi," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jumat (22/5/2020).

Selain itu, Oded mengaku sudah berkoordinasi dengan camat dan lurah dalam mengantisipasi potensi kedatangan pemudik dari luar Bandung. Jika menemukan pemudik, aparat gabungan harus memberi imbauan agar segera melakukan isolasi mandiri.

"Saya kemarin sudah koordinasikan aparat kewilayahan khususnya camat dan lurah. Kita ingatkan mereka kemungkinan potensi ada warga Bandung yang dari luar kota Bandung mudik pulang ke Bandung," ucap dia.

Kendati demikian, Oded tidak melarang warga Bandung mudik lokal. Dia mengimbau warga yang mudik antarkecamatan, misal dari Cijerah ke Kosambi untuk bertemu dengan keluarganya agar menaati protokol kesehatan.

"Harapan saya sih tetap di rumah ya. Tapi kalaupun misal ada masyarakat yang rindu harus ketemu, dari Cijerah ke Kosambi, saya kira tadi protokol kesehatan harus dijaga. Itu saya kira. Mudah-mudahan dengan menjaga protokol itu pandemi ini bisa ditangani dengan baik," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, Polda Jabar siap melakukan pengamanan di malam menjelang lebaran yang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar takbiran keliling.

"Terkait larangan takbir keliling mengacu kepada keputusan atau surat edaran Pemda, Gubenur, wali kota, bupati," kata Erlangga.


Editor : Faieq Hidayat