Wakil Wali Kota Bandung Nilai Sanksi PSSI Terhadap Persib Tak Adil

Yogi Pasha ยท Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:39 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Nilai Sanksi PSSI Terhadap Persib Tak Adil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Yana Mulyana. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Komisi Disiplin PSSI telah mengeluarkan sanksi bagi Persib Bandung, buntut dari pengeroyokan suporter Persija Haringga Sirila hingga meninggal dunia. Namun, sanksi tersebut dinilai memberatkan Persib.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, sanksi yang dijatuhkan PSSI kepada Persib Bandung tidak adil. Bahkan sanksi tersebut dinilai tidak mendidik karena merugikan Persib.

Menurut Yana, kejadian yang menewaskan suporter Persija pada 23 September 2018 lalu terjadi di luar arena pertandingan. Seharusnya PSSI mengkaji secara umum sebelum menjatuhkan sanksi tersebut.

"Ini di luar stadion kejadiannya, harusnya secara komprehensif di lihat dari skala yang lebih besar. Sanksi harus membina dan mendidik, kalau ini ada ketidakadilan juga," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (2/10/2018).

Dia menuturkan, sanksi tersebut terlihat liar karena tidak ada unsur untuk mendidik. Terlebih dalam salah satu sanksi, Persib harus menggelar sisa laga kandang Liga Indonesia di luar Pulau Jawa. Dia pun sangat menyayangkan jika Persib tidak bisa berlaga di Bandung.

"Sanksi ini tidak mendidik, ini merugikan. Harus dibicarakan lagi, dikumpulkan lagi. Sebetulnya kita sebagai orang Bandung merasa dirugikan oleh ulah oknum. Harusnya diberi sanksi supaya tidak melakukan kesalahan lagi, sanksi mendidik bukan merugikan," kata dia.


Editor : Muhammad Saiful Hadi