Wagub Jabar Larang Warga Bangun Rumah di Lokasi Rawan Bencana

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:15 WIB
Wagub Jabar Larang Warga Bangun Rumah di Lokasi Rawan Bencana
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menemui warga yang mengungsir karena rumahnya terdampak bencana tanah longsor di Desa Cikubang. (Foto Antara).

TASIKMALAYA, iNews.id - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melarang warga membangun rumah di lokasi yang dianggap rawan bencana alam. Sebab bisa membahayakan keselamatan jiwa penghuninya.

"Jangan seenaknya menebang pohon, lalu membuat rumah, jangan seenaknya, tanpa memperhitungkan wilayahnya," kata Uu saat meninjau warga terdampak bencana tanah longsor di Desa Cikubang, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (26/6/2020).

Dia mengatakan Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu daerah rawan bencana alam sehingga harus menjadi perhatian semua pihak untuk mewaspadainya.

Upaya yang harus dilakukan masyarakat maupun pemerintah, kata dia, dengan peduli terhadap lingkungan, tidak menebang pohon sembarangan maupun melakukan tindakan yang memicu terjadinya bencana alam.

"Imbauan saya, jangan membuat sesuatu yang menimbulkan bencana," kata mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Dia menegaskan, pemerintah daerah termasuk kepala desa untuk aktif mengontrol kondisi daerahnya sebagai langkah antisipasi bahaya bencana alam seperti tanah longsor.

Salah satu tugas yang dapat dilakukan kepala desa, kata Uu, yaitu memberikan arahan bagi warga agar tidak membuat rumah di daerah rawan bencana seperti di dekat tebing maupun jurang.

"Masyarakat juga mesti sadar, kalau lokasi tidak layak bangun tidak usah memaksakan, apalagi yang ada di tebing atau tanah gawir," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai ancaman bencana alam agar tidak menjadi korban jiwa maupun kerugian materi.

"Harapan kami, kepada seluruh masyarakat di manapun, kita waspada pada bencana dan risiko bencana," katanya.


Editor : Faieq Hidayat